facebook

5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia di Luar Negeri, Salah Satunya Rendang

Nanik Srisunarni
5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia di Luar Negeri, Salah Satunya Rendang
Ilustrasi Rendang. (Pixabay.com/DennyLubis)

Sebagai bangsa Indonesia kita harusnya bangga karena memiliki banyaknya suku dan adat-istiadat yang beragam. Keberagaman inilah yang kemudian memunculkan kekayaan yang melimpah, termasuk dalam bidang kuliner. Indonesia memiliki beragam masakan khas daerah yang berbeda-beda dan tentunya kaya akan rempah-rempah khas Indonesia.

Tak usah berlama-lama, kita akn bahas mengenai 5 makanan khas Indonesia yang mendunia. Simak baik-baik ya!

1. Rendang

Rendang Daging [Dokumen akun FB @dhiny_gallery]
Rendang Daging [Dokumen akun FB @dhiny_gallery]

Rendang menjadi makanan pertama yang menjadi daftar masakan khas Indonesia yang mendunia. Seperti yang kita ketahui, rendang merupakan masakan yang memiliki cita rasa khas rempah-rempah Indonesia yang diminati masyarakat kita.

Tapi ternyata tidak hanya menjadi primadona di negara sendiri, masakan satu ini juga cukup digandrungi di luar negeri.

2. Sate

Sajian sate ayam Blora (YouTube/CAK IWAN CHANNEL)
Sajian sate ayam Blora (YouTube/CAK IWAN CHANNEL)

Siapa yang tidak suka sate? Pastinya hampir sebagian besar orang menyukai olahan daging satu ini. Sate umumnya dimasak dengan campuran bumbu rempah-rempah tertentu yang menambah cita rasa makanan ini.

Sate di Indonesia cukup beragam, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate daging sapi, sate jerohan, sate siput dan keong, sate kere, serta berbagai macam jenis sate yang tersebar di seluruh Indonesia. Saking populernya makanan satu ini, akhirnya sate juga diminati oleh masyarakat luar negeri.

3. Nasi goreng

ilustrasi nasi goreng (Pixabay)
ilustrasi nasi goreng (Pixabay)

Masakan Indonesia yang cukup sederhana proses memasaknya ini ternyata juga diminati oleh warga mancanegara loh. Nasi goreng biasanya disajikan bersama dengan telur mata, kerupuk, ataupun makanan pelengkap lainnya.

4. Bakso

Ilustrasi bakso. (Pixabay.com/stivianputra87)
Ilustrasi bakso. (Pixabay.com/stivianputra87)

Bakso selain menjadi primadona masyarakat Indonesia, juga menjadi makanan yang diminati oleh warga negara asing. Cita rasa bakso yang khas dengan kuah yang segar dan hangat menjadikan bakso sering diburu, apalagi sat cuaca sedang dingin-dinginnya.

5. Soto

Sajian soto klethuk khas Blora (YouTube/Zona Hijau)
Sajian soto klethuk khas Blora (YouTube/Zona Hijau)

Terakhir adalah soto. Masakan khas Indonesia yang dicirikan dengan kuahnya yang berwarna kuning ini ternyata juga menarik minat warga asing. Soto ini pun bermacam-macam, ada soto lamongan, soto betawi, dan berbagai varian soto lainnya yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. 

Itu dia lima makanan yang mendunia dan patut untuk kita banggakan. Semoga semakin banyak makanan Indonesia yang mendunia ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak