facebook

4 Cara Memilih Teman, Hindari Pergaulan Buruk

Diat Anugrah
4 Cara Memilih Teman, Hindari Pergaulan Buruk
Ilustrasi teman (Pexels.com/elle-huges)

Teman adalah salah satu orang yang dekat dengan diri kita. Hal ini dikarenakan kita akan sering berinteraksi dengan teman. Bahkan, teman bisa menjadi orang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, kita harus pandai dalam memilih teman.

Teman yang baik akan membawa pengaruh dan manfaat yang baik dalam hidup kita. Begitu pula sebaliknya, teman yng buruk bisa memberi dampak buruk kepada kita. Itulah alasan kenapa kita tidak boleh berteman dengan orang yang salah.

Untuk memilih teman yang tepat, ada beberapa.tios yang bisa dilakukan. Berikut ini adalah 4 tips memilih teman.

1. Perhatikan Kebiasaannya

Seperti kata pepatah apabika kita berteman dengan penjual parfum maka kita akan ikut menjadi wangi, namun apabila kita berteman dengan pandai besi maka kita akan bau asap. Begitulah gambaran pengaruh teman kepada diri kita.

Oleh karena itu, usahakan untuk berteman dengan orang yang memiliki kebiasaan baik. Dengan demikian, diharapkan kita akan mendapat pengaruh yang baik.

Sebaliknya, sebaiknya kita menjaga jarak dengan orang yang memiliki kebiasaan buruk agar kita tidak terpengaruh.

2. Perhatikan Pergaulannya

Ada pepatah lain yang mebgatakan kalau ingin melihat pribadi seseorang, maka lihat dengan siapa ia berteman. Apabila lingkungan pertemanan atau pergaulannya dengan orang-orang yang baik, maka besar kemungkinan ia juga termasuk orang yang baik.

Selain itu, apabila kita berteman dengannya, kita juga bisa masuk ke dalam pergaulannya dan berteman juga dengan orang-orang baik.

3. Memiliki Kecocokan

Teman yang dekat biasanya sering berinteraksi baik itu melakukan kegiatan bersama maupun sekadar berbincang-bincang. Oleh karena itu, lebih baik apabila kita dan teman kita memiliki kecocokan mengenai suatu hal, misalnya kesamaan hobi. Hal tersebut bisa membuat pertemanan berjalan dengan lebih baik dan jarang menemui konflik.

4. Bersikap Baik Pada Semua Orang

Kita tentu menginginkan teman yang berlaku baik kepada kita. Oleh karena itu, hendaknya kita berperilaku baik kepada semua orang karena perlakuan kita kepada orang lain akan berbalik kepada diri kita sendiri.

Apabila kita berbuat baik kepada orang lain, niscaya akan ada orang lain yang berbuat baik kepada kita, begitupun sebaliknya.

Demikian 4 tips yang bisa dilakukan untuk memilih teman. Hindari pergaulan yang buruk, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak