facebook

5 Alasan Mengapa Lebih Baik Pisah dari Orangtua setelah Menikah

Risen Dhawuh Abdullah
5 Alasan Mengapa Lebih Baik Pisah dari Orangtua setelah Menikah
Ilustrasi pasangan pisah.[unsplash.com/@lordmaui]

Ketika seseorang sudah menikah, berarti ia telah menciptakan suatu sistem yang baru. Dengan menciptakan sistem yang baru, tentu tidak dapat sinkron ketika bertemu dengan sistem lain. Bagaimana maksudnya?

Begini, sebuah keluarga diibaratkan sebagai sistem. Ketika Anda dan pasangan masih hidup serumah dengan orangtua, berarti ada dua sistem di keluarga. Di atas sudah dijelaskan bahwa sistem yang Anda bangun tidak dapat sinkron dengan sistem lain. Sebab setiap sistem atau keluarga mempunyai aturan dan batas-batas tersendiri.

Bayangkan, Anda sudah punya sistem tersendiri, kemudian harus mengikuti sistem lain? Bagaimana rasanya? Nah, maka setelah berkeluarga, disarankan hidup terpisah dengan orangtua. Mengapa? Berikut alasannya:

1. Bisa Bebas Mengatur

Dengan tinggal terpisah dari orangtua, Anda bisa mengatur rumah tangga sendiri. Terkadang campur tangan orangtua justru membuat tidak nyaman. Permasalahan Anda dengan pasangan malah tidak terselesaikan. Ketika Anda terpisah dari orangtua, permasalahan keluarga juga tidak akan diketahui oleh mereka.

2. Bisa Mandiri

Sudah menikah berarti harus membiasakan diri untuk mandiri. Ketika Anda tinggal bersama orangtua, sudah pasti orangtua akan turun tangan dengan apa yang Anda perlukan. Hal ini menjadikan Anda tidak mandiri. Maka ketika Anda sudah membangun rumah tangga, segeralah untuk belajar mandiri!

3. Menghargai Perjuangan

Pisah dengan orangtua menjadikan Anda mengerti betapa dalam rumah tangga penuh perjuangan. Anda bisa membayangkan apa yang dilakukan oleh orangtua Anda 20-30 tahun yang lalu. Dengan begitu, hidup berpisah dengan orangtua, membuat Anda bisa lebih menghargai perjuangan. Tentu saja juga menghargai orangtua Anda yang telah membesarkan Anda.

4. Bisa Menjadikan Diri untuk Bekerja Keras

Sebab hidup terpisah dengan orangtua, mau tidak mau Anda harus bekerja keras. Apalagi jika Anda lelaki. Jadikan keterpisahan dengan orangtua untuk bekerja keras. Teruslah ingat kalau banyak tanggungan yang harus dipenuhi  dalam rumah tangga. Percayalah, hal itu akan membuat Anda bisa lebih keras dalam bekerja.

5. Bisa Mengembangkan Diri

Ketika Anda masih tinggal bersama orangtua, tetangga-tetangga tahu seluk-beluk Anda dan orangtua. Terkadang orangtua Anda masih menjadi privilege Anda. Ketika Anda hidup pisah dengan orangtua, hal ini tentu tidak terjadi, apalagi Anda hidup di lain kota, bahkan luar provinsi. Ketika Anda dan pasangan hidup jauh dari orangtua, Anda bisa lebih memungkinkan mengembangkan diri, tanpa privilege dari orangtua.

Nah, itulah 5 alasan mengapa lebih baik tinggal terpisah dari orangtua. Tinggal terpisah dengan orangtua ketika sudah menikah, bukan berarti tidak sayang dengan orangtua. Justru itu dapat mencegah Anda dari perpecahan yang tidak diinginkan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak