facebook

4 Cara Menyikapi Kebaikan Orang Lain, Jangan Pernah Lupakan!

Mutami Matul Istiqomah
4 Cara Menyikapi Kebaikan Orang Lain, Jangan Pernah Lupakan!
Ilustrasi berterima kasih (Freepik.com/benzoix)

Apakah kamu pernah menjumpai seseorang yang begitu baik? Orang yang bahkan mungkin baru pertama kali kamu temui, namun bisa menghargaimu dengan sebuah kebaikan yang tidak dapat kamu lupakan. Terkadang, kamu kebingungan untuk menyikapi hal baik yang terjadi seperti kilat itu, bukan?

Nah, berikut ini merupakan beberapa cara menyikapi kebaikan orang lain.

1. Mengucapkan terima kasih

Yang pertama adalah hal yang biasanya dilakukan secara refleks, yaitu dengan mengucapkan mengucapkan terima kasih secara langsung kepada yang bersangkutan. Kalau sempat, lakukan sembari berjabat tangan dan melakukan perkenalan singkat. Hal ini agar kita bisa mengingat dan memahami siapa yang sudah berkenan berperilaku baik kepada kita.

2. Memberi apresiasi 

Jika kamu sempat mengantongi nama, maka kamu bisa mencoba mencari media sosial yang dia miliki, dan ucapkan terima kasih secara lebih spesifik dalam pesan melalui media sosial. Dengan begitu orang yang bersangkutan akan merasa dihargai kebaikannya. 

Kalau kamu punya alamatnya juga, maka tidak ada salahnya untuk mengiriminya kenang-kenangan. Dengan catatan sudah terlebih dahulu meminta izin dan diizinkan oleh yang bersangkutan.

Kalau obrolan yang kamu jalin terasa nyambung, maka tidak ada salahnya juga untuk membuat janji bertemu di lain waktu.

3. Mengenang 

Hendaknya kita melupakan apa yang sudah kita berikan kepada orang lain, tapi jangan pernah melupakan kebaikan yang kita dapatkan dari orang lain. Jadi, tetaplah simpan kenangan kebaikan yang diberikan oleh orang lain, ingat sebagai cerminan diri untuk bisa berbagi kebaikan pula kepada orang lain. Dengan begitu, kebaikan tidak akan pernah terputus. 

4. Membantu ketika dibutuhkan

Ketika orang lain bergantian membutuhkan bantuan, maka kita harus membantunya dengan tulus. Bagaimanapun kondisi kita, kita tetap harus mengingat bahwa kita pernah ada di posisi yang sama, dan dia berkenan untuk membantu kita. Maka dari itu, kita juga harus berusaha untuk membalas budi meskipun tetap saja hal tersebut tidak sama perbandingannya. 

Jadi, itu dia 4 cara menyikapi kebaikan orang lain. Yuk terapkan dalam kehidupan sehari-hari!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak