facebook

5 Manfaat Berkomunikasi yang Baik bagi Diri Anda

Risen Dhawuh Abdullah
5 Manfaat Berkomunikasi yang Baik bagi Diri Anda
Manfaat berkomunikasi dengan baik.[pixabay.com]

Manusia merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, tentunya manusia bisa merasakan benar kebahagiaan dan kepuasan dari berkomunikasi dengan orang lain.

Berkomunikasi tentunya merupakan sebuah keterampilan. Keterampilan komunikasi yang baik mempunyai kecenderungan bisa merasakan kepuasan hidup, harapan, serta kebahagiaan yang tinggi. Berkomunikasi yang baik akan sangat bermanfaat.

Lalu apa saja manfaat yang didapatkan dari berkomunikasi yang baik? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah berkomunikasi dengan baik:

1. Membangun Kepercayaan

Salah satu manfaat yang bisa Anda dapat dari berkomunikasi yang baik adalah bisa membangun kepercayaan. Komunikasi yang baik dapat menumbuhkan rasa saling percaya, terkhusus apabila Anda mampu berempati dengan lawan bicara. Manfaat yang satu ini sangat terasa Anda rasakan dalam dunia kerja.

2. Hubungan Tercipta dengan Baik

Selanjutnya adalah hubungan tercipta dengan baik. Berkomunikasi yang baik akan menciptakan jalinan suasana yang harmonis sehingga mampu mewujudkan terciptanya hubungan yang baik. Hubungan yang baik ini tentunya sangat Anda perlukan dalam menjalani hidup.

3. Mencegah serta Mengatasi Masalah

Berkomunikasi yang baik serta benar, sangat membantu mencegah dari terjadinya konflik. Selain itu dapat juga mengatasi masalah yang sedang terjadi. Seorang komunikator yang baik dapat memahami setiap sudut pandang serta bisa menemukan solusi terbaik bagi masalah yang ada.

4. Bisa Mengarahkan

Cara berkomunikasi yang baik akan membuat harapan Anda dapat disampaikan dengan jelas sehingga tidak salah tangkap. Selain itu dengan berkomunikasi yang baik, Anda bisa memberi instruksi yang mudah diterima, sehingga mampu mengarahkan pihak-pihak tertentu. Tentunya ini sangat membantu menyelesaikan konflik karena kesalahan dalam komunikasi.

5. Kedekatan dan Kekompakan

Salah satu manfaat berkomunikasi yang baik adalah dapat meningkatkan kedekatan dan kekompakan. Komunikasi yang baik akan menciptakan hubungan yang positif antar individu. Keadaan inilah yang akan meningkatkan rasa saling percaya, sehingga tercipta kedekatan yang erat dan kekompakan yang baik.

Nah, itulah 5 manfaat berkomunikasi yang baik. Tentunya Anda harus selalu berupaya berkomunikasi yang baik setiap hari. Supaya ketenteraman selalu dapat tercipta!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak