facebook

4 Cara Mengubah Halaman Belakang Menjadi Tempat Relaksasi

Risen Dhawuh Abdullah
4 Cara Mengubah Halaman Belakang Menjadi Tempat Relaksasi
Halaman belakang rumah.[pexels.com]

Banyak orang menjadikan halaman belakang  sebagai tempat untuk duduk dan bersantai. Apalagi ketika baru saja menjalani rutinitas yang panjang. Halaman belakang rumah memang menjadi lokasi yang sempurna untuk menghabiskan waktu. Lebih-lebih apabila halaman belakang luas ukurannya. Sangat cocok digunakan untuk menghilangkan rasa penat setelah seharian beraktivitas.

Meski dapat menjadi tempat untuk bersantai menghilangkan rasa penat, halaman belakang rumah juga bisa dijadikan lebih menarik sehingga bisa digunakan untuk relaksasi memberikan ketenangan maupun hiburan.

Caranya adalah dengan memodifikasi atau mengubah halaman belakang rumah menjadi oasis luar ruangan. Nah, bagaimana cara mengubah halaman belakang menjadi tempat relaksasi yang bisa memberikan ketenangan maupun hiburan?

Berikut 4 cara mengubah halaman belakang rumah menjadi tempat relaksasi yang menyenangkan.

1. Menambahkan Kolam Renang

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah menambah kolam renang, apalagi bila halaman belakang rumah cukup luas. Kolam renang tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga bisa menjadi tempat menyenangkan. Bisa juga digunakan untuk tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, menikmati kesegaran air kolam renang.  Namun, bila sudah memiliki kolam renang, perbarui tampilannya serta rutin membersihkan dan melakukan pemeliharaan supaya tetap terjaga.

2. Menanam Tanaman Bunga dan Semak

Tidak bisa dipungkiri bahwa bunga dan tumbuhan yang berwarna hijau sangat memanjakan indera penglihatan. Halaman belakang rumah bisa ditanami beberapa bunga. Sementara itu tanaman jenis semak-semakan, bisa memberikan kesan privasi halaman belakang rumah. Dengan demikian bisa memberi ketenangan bersantai tanpa ada yang melihat serta mengganggu kedamaian, sebab sedang berenang, berkebun, Maupun sekadar duduk-duduk.

3. Patio

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia patio adalah [1] serambi terbuka di belakang rumah [2] taman terbuka di dalam rumah. Jadi memiliki patio merupakan investasi bagi pemilik rumah. Mengapa? Patio tidak hanya menjadi tempat duduk dan bersantai, tapi juga bisa menjadi ruang tamu tambahan yang berada di luar ruangan.

Selain itu, dengan mengadakan patio, bisa menikmati aktivitas favorit tanpa hambatan serta menyediakan ruang pribadi untuk mengerjakan proyek kreatif atau menghabiskan sedikit waktu sendiri untuk ketenangan.

4. Area Barbeque

Barbeku adalah istilah yang merujuk baik terhadap teknik memasak panggang ataupun peralatan memanggang secara khusus. Jadi halaman belakang rumah juga bisa dijadikan area barbeque. Ciptakan area barbeque yang menyenangkan bersama keluarga. Siapkan furnitur luar ruangan yang berkualitas, letakkan meja dan peralatan barbeku, dan nikmati waktu bersama keluarga tanpa TV, telepon, dan video game agar tidak mengganggu pengalaman berkumpul.  Masak atau panggang semua masakan bersama anggota keluarga. Cara ini juga bisa mengakrabkan hubungan keluarga.

Nah, itulah 4 cara mengubah halaman belakang menjadi tempat relaksasi. Apakah tertarik mencoba? Tentu ini sangat menyenangkan. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak