facebook

4 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Marah

Mutami Matul Istiqomah
4 Hal yang Dibutuhkan Pasangan saat Marah
ilustrasi orang marah.[freepik.com/wayhomestudio]

Menyikapi pasangan yang sedang marah memang bukan hal yang mudah. Kalau kita diam saja, dikira tidak peduli dengan kemarahannya. Kalau kita berbicara, dituduh terlalu ikut campur. 

Begitu juga ketika kita mencoba membuatkan makanan untuknya, ditolak dengan alasan tidak nafsu makan. Kita membiarkannya saja, dikira tidak memiliki inisiatif. Memang serba salah, bukan? 

Nah berikut ini merupakan beberapa tips menyikapi pasangan yang sedang marah.

1. Didengar dan dipahami

Yang pertama, kamu harus mendengarkan apa yang menjadi penyebab dia marah. Apakah penyebabnya berasal dari diri kita atau dari hal yang lain. Banyak orang yang sedang marah sebenarnya tidak membutuhkan apa-apa, namun hanya ingin didengarkan. Maka kita harus menjadi orang yang siap untuk ada dan mendengarkan seluruh kemarahannya. 

2. Ada tekad berbenah

Kalau sumber kemarahannya adalah karena diri kita, maka cobalah untuk menjelaskan bahwa kamu akan memperbaiki semua itu. Namun, tidak cukup hanya sekadar dengan penjelasan, iringi juga dengan pembuktian yang kongkret.

Kalau dalam dirimu ada tekad untuk berubah, tentunya pasangan akan memahami bahwa kamu menghargai apa yang membuatnya merasa tidak suka. 

3. Waktu dengan dirinya sendiri

Orang yang sedang marah biasanya membutuhkan waktu dengan dirinya sendiri. Namun, kamu jangan menjadi orang yang tiba-tiba menghilang dari pandangannya. 

Ketika kamu sudah mendengarkan kemarahannya, menjelaskan bahwa kamu akan mengubah kesalahan yang kamu lakukan, maka katakanlah bahwa kamu menghormati waktunya untuk bersama dirinya sendiri. Buat dia yakin, bahwa semua pekerjaan atau kewajiban yang biasanya dilakukan olehnya, menjadi tanggung jawabmu. Pasti hal tersebut akan membuat pasangan merasa jauh lebih baik. 

4. Tidak ada yang mengungkit

Kalau pasangan sudah merasa lebih baik, bersikaplah seperti biasa seolah tidak apa-apa. Jangan sampai kamu menceritakan kembali kejadian yang sudah terjadi atau mengungkitnya. Hal tersebut bukannya membuat hubunganmu dengan pasangan membaik, melainkan kembali sengit seperti semula. Repot, bukan? 

Itu dia 4 hal yang diinginkan pasangan saat marah. Kamu harus berusaha agar tidak salah langkah dalam menyikapinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak