facebook

5 Penyebab Kegagalan saat Interview Kerja, Jangan Sombong!

Diat Anugrah
5 Penyebab Kegagalan saat Interview Kerja, Jangan Sombong!
Ilustrasi wawancara kerja (Pexels.com/tima-miroshnichenko)

Kita tentu ingin memiliki pekerjaan yang baik. Baik dari segi penghasilan, tugas pekerjaan, dan berbagai aspek lainnya. Untuk mendapat pekerjaan yang kita impikan, kita perlu melakui berbagai proses dalam melamar pekerjaan. Salah satu bagian paling penting dalam proses melamar pekerjaan adalah saat interview atau wawancara kerja.

Wawancara kerja sangat berpengaruh dalam menentukan apakah kita diterima di tempat kerja tersebut atau tidak. Hal ini dikarenakan proses wawancara menjadi saat dimana kita membentuk kesan di mata perusahaan. 

Apabila wawancara berjalan dengan baik dan kita berhasil membuat pewawancara terkesan, besar kemungkinan kita bisa diterima di perusahaan tersebut.

Namun sebaiknya, apabila wawancara kita tidak berjalan dengan baik, maka kemungkinan kita diterima menjadi semakin menipis.

Berikut ini adalah 5 hal yang bisa menyebabkan kita gagal melewati tahap interview kerja.

1. Gugup saat Menjawab Pertanyaan

Mengingat betapa pentingnya sesi wawancara, wajar apabila kita merasa gugup dalam menghadapinya. Namun kita harus bisa mengatasi rasa gugup itu dengan baik sebelum memulai proses wawancara. Jangan sampai ketika menjawab pertanyaan, kita masih dalam keadaan gugup

Gugup ketika menjawab pertanyaan membuat jawab kita terkesan kurang meyakinkan. Selain itu, jawabn yang kita berikan juga tidak bisa kita pikirkan dan siapkan dengan baik karena pikiran kita dipenuhi oleh rasa tidak tenang. 

2. Terlalu Percaya Diri

Meskipun kita tidak boleh gugup dalam menjawab pertanyaan, kita juga tidak boleh terlalu percaya diri hingga meeasa superior. Misalnya karena merasa sudah berpengalaman atau merasa sudah menguasai pekerjaan yang dilamar.

Hal tersebut bisa membuat kita terkesan sombong dan tidak menghargai pewawancara. Pewawancara juga akan berpikir kembali untuk merekrut kita karena dikhawatirkan kita tidak bisa diatur dan tidak mau belajar karena merasa superior.

3. Berbohong

Saat wawancara kita tentu ingin memberikan jawaban yang terbaik. Namun kita harus tetap memberikan jawaban yang jujur. Jangan berbohong atau memberikan jawaban yang mengada-ngada.

Kebanyakan pewawancara sudah handal dan busa mengetahui mana jawaban yang jujur dan mana yang bukan. Berbohong justru akan membuat kesan yang tidak baik untuk diri kita.

4. Menjelekkan Perusahaan Lama

Ketika wawancara di perusahaan baru, biasanya kita akan ditanya mengenai perusahaan kita sebelumnya. Saat ditanya demikian, jangan pernah membuat pernyataan yang menjelek-jelekkan perusahaan lama kita.

Hal tersebut justru akan membuat kita terlihat tidak profesional. Pewawancara juga khawatir kita akan menjelekkan perusahaannya suatu hari nanti.

5. Tidak Sopan

Kita harus selalu bersikap sopan ketika wawancara kerja. Mulai dari gestur tubuh hingga cara kita berbicara. Jangan bertingkah atau berkata yang tidak pantas. Hal tersebut bisa membuat kita langsung ditolak di perusahaan tersebut.

Demikian 5 hal yang bisa menyebabkan kita gagal dalam interview kerja. Jangan pernah lakukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak