facebook

5 Tanda Seseorang Mengalami Depresi, Butuh Pendampingan!

Diat Anugrah
5 Tanda Seseorang Mengalami Depresi, Butuh Pendampingan!
Ilustrasi Pria Depresi (pexels.com/pixabay)

Teman adalah salah satu orang yang cukup dekat dengan kita. Meskipun tidak semua teman memiliki kedekatan dan keakraban yang sama. Namun sebagai teman yang baik, hendaknya kita bisa ada ketika teman kita membutuhkan. Selain itu, kita juga hendaknya selalu menjadi teman yang baik dalam kondisi apapun, baik senang maupun susah.

Terkadang teman kita memiliki masalah. Beberapa masalah bisa diatasi sendiri. Namun mungkin ada masalah yang cukup berat yang bisa membuatnya depresi. Kondisi depresi adalah kondisi yang cukup berat. Oleh karena itu, hendaknya kita bisa menemani teman kita yang sedang depresi dengan memberi dukungan maupun bantuan.

Masalahnya adalah seringkali orang yang sedang depresi tidak mau bercerita mengenai masalahnya kepada orang lain, meskipun itu kepada teman dekatnya sendiri. Dalam kondisi seperti ini perlu kepekaan diri kita untuk mengetahui bahwa teman kita sedang mengalami depresi. Dirangkum dari orami.co.id dan ciputrahospital.com, berikut 5 tanda atau ciri-ciri seseorang yang sedang mengalami depresi.

1. Lebih Sering Menyendiri

Saat depresi, seseorang akan kehilang minat untuk berinteraksi dengan orang lain. Hal ini dikarenakan beban masalah yang ada di pikirannya membuat dia tidak tertarik untuk melakukan interaksi. Akibatnya, dia akan lebih senang menyendiri. 

Apabila ada teman kita yang biasanya senang ikut berkumpul bersama namun tiba-tiba jadi senang menyendiri, kita sebagai teman yang baik hatus mencoba mencari tahu kondisinya seperti apa. Ada kemungkinan dia sedang memiliki masalah berat yang membuatnya depresi.

2. Sering Termenung

Selain senang menyendiri, orang yang sedang mengalami depresi akan sering melamun dan termenung. Hal ini karena dia termenung memikirkan masalah yang sedang dihadapinya. Oleh karena itu, jika ada orang di sekitar kita yang tiba-tiba sering termenung, coba ajak dia bercerita. Barangkali dia akan menceritakan masalah yang sedang dihadapi. Dengan begitu, kita bisa memberi bantuan atau sekadar dukungan moral.

3. Terlalu Ceria

Orang yang sedang depresi biasanya tidak akan senang orang lain mengetahui kalau dirinya sedang depresi atau memiliki masalah. Untuk itu, dia akan menutupi kondisinya dengan bertingkah ceria. Namun karena dibuat-buat, maka biasanya cerianya akan berlebihan.

4. Mudah Tersinggung dan Marah 

Orang yang sedang mengalami depresi akan memiliki kondisi perasaan atau mood yang tidak baik. Dampaknya, dia menjadi mudah tersinggung bahkan marah. Meskipun hanya bercandaan biasa saja, orang yang depresi bisa menganggapnya serius dan menjadi tersinggung.

5. Tidak Bersemangat

Karena kondisi mood yang tidak baik, maka orang yang sedang depresi akan kehilangan motivasi dan semangat untuk melakukan berbagai hal. Bahkan untuk melakukan aktifitas yang digemarinya, dia tidak bersemangat. Kondisi ini bisa kita rasakan apabila kita sudah sering menghabiskan waktu bersamanya.

Demikian 5 tanda atau ciri-ciri seseorang sedang mengalami depresi. Orang yang sedang mengalami depresi butuh pendampingan dan dukungan agar tidak berlanjut dan memberi dampak yang lebih buruk lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak