facebook

Hanya Buang Waktu, 5 Hal ini Tidak Perlu Dicemaskan

Dini Hariyani
Hanya Buang Waktu, 5 Hal ini Tidak Perlu Dicemaskan
Ilustrasi orang cemas (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak orang yang yang sering overthinking dalam kesehariannya.  Apakah kamu salah satunya.  Sbelum tidur misalnya, kamu mungkin memikirkan apa yang akan dilakukan esok hari, bagaimana agar teman teman satu kantor. Overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan sebenarnya tidak baik karena dapat memicu stres.

Namun, sebenarnya overthinking merupakan hal yang wajar karena hidup yang tak pasti dan persaingan yang semakin ketat. Namun, tak setiap hal harus dipikirkan secara berlebihan.

Berikut ini 5 hal yang tidak perlu dicemaskan karena hanya membuang waktu dirangkum dari kanal YouTube Psych2Go.

1. Masa Lalu 

Memiliki kenangan di masa lalu memang tidak mudah dilupakan, terlebih lagi kenangan yang buruk. Namun kenangan tersebut tidak perlu dicemaskan karena kita tak bisa mengubahnya. Lebih baik jadikan pembelajaran untuk kedepannya.

Mengingat masa lalu hanya akan membuang waktu untuk bahagia di waktu sekarang. Lalu bagaimana cara berhenti untuk mengingat kenangan masa lalu? Kita bisa pelatih mindfullness atau atau berpikir secara penuh dan self talk atau memberi motivasi pada diri dengan kata positif.

2. Masa Depan

Tidak jauh berbeda dengan masa lal,u masa depan juga sering dicemaskan oleh banyak orang. Kita seringkali memikirkan skenario terburuk yang akan terjadi di masa masa depan.

Nah, dampak buruknya adalah kita menjadi takut untuk mencoba sesuatu atau dalam mengejar mimpi kita . Jadi lebih baik nikmati masa kini dengan tetap meningkatkan skill-skill untuk masa depan kita daripada hanya mencemaskannya.

3. Pembenci

Kita mungkin sering mencemaskan orang yang mungkin membenci kita atau sering disebut haters. Namun perlu diingat, selain haters tersebut tentunya masih ada kan orang yang menyayangi, mendukung, dan memberikan semangat?

Tidak perlu mencemaskan para pembenci itu. Sebaik apapun kita pastinya masih ada saja hal jelek dimata mereka. Tak perlu diambil pusing.

4. Usia

Menjadi dewasa atau bertambahnya usia memang bukan hal yang mudah. Terlebih lagi dengan membanding-bandingkan orang lain. Namun, usia bukanlah sebuah batasan untuk mengejar mimpi. Hidup bukan tentang membanding-bandingkan.

5. Pendapat Orang Lain

Pendapat orang lain mengenai kita kebanyakan membuat kita jadi takut untuk melangkah. Padahal itu hanya pendapat yang belum tentu benar. Tak ada untungnya mencemaskan pendapat orang lain.

Sepanjang itu benar dan tak merugikan orang lain tak perlu cemas. Hidup juga bukan tentang mencari pengakuan tapi fokus saja pada hal yang membuatmu bahagia.

Itulah 5 hal yang hanya membuang waktu jika dicemaskan berlarut-larut. Jangan sering dilakukan ya sobat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak