facebook

4 Tips Membangun Sikap Jujur kepada Diri Sendiri!

Risen Dhawuh Abdullah
4 Tips Membangun Sikap Jujur kepada Diri Sendiri!
Ilustrasi diri sendiri. (Pixabay.com)

Ternyata sikap jujur juga bisa untuk diri sendiri selain orang lain. Hal ini sering tidak diperhatikan orang. Jujur kepada diri sendiri berarti telah berkompromi kepada diri sendiri. Bisa menyadari betul keadaan diri dan kemudian bisa menerima dengan baik.

Jujur kepada diri sendiri penting dilakukan, salah satu fungsinya supaya bisa menerima orang lain. Ketika Anda bisa menerima orang lain, maka kedamaian yang Anda dambakan akan tercipta. Bukankah kedamaian adalah impian setiap orang? Jadi jujur kepada diri sendiri, berarti juga menciptakan kedamaian untuk diri sendiri.

Memang tidak mudah juga membangun sikap jujur kepada diri sendiri. Namun, bukan berarti tidak ada caranya. Bagaimana caranya?

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun sikap jujur kepada diri sendiri:

1. Memahami Perasaan Diri Sendiri

Cara paling jitu untuk menimbulkan sikap jujur kepada diri sendiri adalah menyadari betul perasaan Anda dengan penuh perhatian. Jangan sekali-kali menghakimi. Menghakimi tidak akan menimbulkan kejujuran.

2. Sudut Pandang yang Berbeda

Apa maksudnya? Maksudnya adalah dalam melihat sebuah masalah, setiap orang mempunyai pandangan yang berbeda-beda. Ketika mungkin Anda melihat seseorang sedang mengalami kegagalan, Anda langsung menghakimi bahwa itu merupakan sesuatu hal yang buruk.

Padahal menurut teman Anda, tidaklah demikian. Nah, melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, dapat membuat pemikiran Anda positif. Jika sudah begitu, kemungkinan untuk jujur kepada diri sendiri akan semakin besar.

3. Anda Coba Cari Hal Baik

Ketika kecewa, Anda bisa mencoba untuk mencari hal yang baik dari diri Anda. Cobalah bersyukur atas apa yang telah Anda miliki. Bersyukur tidaklah harus karena sesuatu yang besar. Hargailah sekecil apapun apa yang Anda dapatkan, meskipun membuat Anda kecewa. Dengan begitu Anda bisa menerima dan kemungkinan untuk jujur pada diri sendiri lebih besar.

4. Memaaafkan

Selanjutnya adalah memaafkan diri sendiri. Langkah ini menjadi salah satu langkah yang tepat. Jika Anda sudah memaafkan, kemungkinan Anda ingin segera memperbaiki diri. Ketika Anda sudah memperbaiki diri, Anda bisa lebih maju dan sudah pasti Anda jujur pada diri sendiri.

Nah, itulah 4 tips membangun sikap jujur kepada diri sendiri. Jujur kepada diri sendiri penting bukan? Nah, bagi Anda bisa mencoba cara-cara di atas. Ingat, tidak jujur kepada diri sendiri justru akan semakin mempersulit Anda memperoleh kedamaian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak