facebook

Sulit Mengekspresikan Diri? Cobalah 3 Tips Berikut!

Risen Dhawuh Abdullah
Sulit Mengekspresikan Diri? Cobalah 3 Tips Berikut!
Salah satu wujud mengekspresikan diri adalah bermain gitar.[pixabay.com]

Dalam hidup manusia tidak bisa lepas dari ekspresi diri. Ekspresi diri juga merupakan salah satu wujud berkomunikasi manusia dengan lingkungannya. Cara manusia mengekspresikan diri sangat bermacam-macam. Mulai dari lewat media sosial hingga saat berhadapan dengan orang secara langsung.

Terkadang mengekspresikan diri membutuhkan kepercayaan diri. Misalnya ketika kamu ingin menunjukkan bakat di depan umum, tanpa kepercayaan diri tidak akan terwujud. Contoh lain, kamu ingin membuat video menari dan diunggah di media sosial, tanpa kepercayaan diri tidak akan mungkin terwujud. Dalam mengekspresikan diri ternyata tidak gampang.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang sulit dalam mengekspresikan diri, mungkin bisa mencoba tips berikut ini, sehingga kamu bisa mengekspresikan diri dengan nyaman. Simaklah!

1. Kamu Wajib Mengenali Diri Sendiri

Pertama adalah kamu wajib mengenali diri sendiri. Ya, jika tidak, bagaimana bisa kamu mengekspresikan diri dengan baik? Bagaimana mungkin kamu mengekspresikan dirimu dengan penuh percaya diri? Dengan mengenali diri sendiri, ketika mengekspresikan diri akan timbul rasa nyaman. Dengan mengenali diri sendiri kamu juga bisa tahu, kelemahan dan kelebihan diri sendiri, sehingga kamu paham apa yang akan kamu lakukan ketika mengekspresikan diri.

2. Menekuni Kegiatan

Kedua adalah menekuni kegiatan yang kamu suka. Misalnya kamu suka bidang menyanyi, maka tekuni. Dengan menekuni kamu merasa mampu menampilkan perform-mu sebab kamu sudah percaya diri bahwa kamu bisa.

Apabila kamu belum tahu bidang apa yang kamu senangi, cobalah untuk menggali apa yang kamu bisa lakukan. Kamu bisa mencoba-coba. Kemudian setelah tahu, kamu bisa mencoba untuk menekuni. Menekuni sesuatu sangat penting untuk mengekspresikan diri yang baik.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Nomor tiga sebenarnya masih ada hubungannya dengan nomor sebelumnya. Ya, kamu harus keluar dari zona nyaman. Artinya begitu, ketika biasanya kamu malas-malasan untuk melakukan kegiatan, akan kamu bisa mengekspresikan diri dengan baik, kamu perlu usaha yang lebih. Misalnya kamu suka bernyanyi, kamu bisa menambah porsi latihan menyanyimu, jadi ketika kamu mengekspresikan diri dengan menyanyi kepercayaan dirimu tidak akan diragukan lagi.

Nah, itulah 3 tips cara mengekspresikan diri yang bisa kamu lakukan. Bagaimana? Apakah kamu masih tidak percaya diri? Tenang, mulailah dengan perlahan. Kamu akan bisa. Yakinlah!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak