facebook

4 Alasan Kita Tidak Boleh Mengurusi Urusan Orang Lain, Tidak Sopan!

Diat Anugrah
4 Alasan Kita Tidak Boleh Mengurusi Urusan Orang Lain, Tidak Sopan!
Ilustrasi orang kepo (pexels.com/cottonbro)

Setiap orang memiliki urusannya masing-masing. Diantara berbagai urusan tersebut, ada yang boleh dicampur tangani oleh orang lain namun ada pula yang bersifat privat. Urusan-urusan yang bersifat privat hanya boleh diketahui dan diurus oleh diri sendiri. Hal ini bisa karena berkaitan dengan rahasia pribadi, aib, dan lain sebagainya.

Mencampuri urusan privat orang lain adalah tindakan toxic yang sangat merugikan orang lain. Baik dengan mencari tahu terlalu dalam, ikut berkomentar, dan lain sebagainya. Hak tersebut bisa membuat kita tidak disukai oleh orang lain.

Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa kita tidak boleh mengurusi urusan orang lain. Berikut ini adalah 5 diantaranya.

1. Bukan Urusan Kita

Setiap orng memiliki urusan masing-masing, termasuk diri kita sendiri. Dan yang bertanggung jawab menyelesaikan urusan tersebut asalah orang yang bersangkutan. Oleh sebab itu, untuk apa kita ikut mengurusi urusan orang lain? Toh itu bukan urusan yang menjadi tanggung jawab kita.

2. Membuat Orang Lain Risih

Selain karena bukan tanggung jawab kita, kita tidak boleh mencampuri urusan orang lain untuk menjaga tata krama kita. Apakah kita ingin ada orang lain yang mengurusi urusan kita? Tentu tidak karena hal tersebut bisa membuat kita menjadi merasa risih. Jika kita memaksa ikut mengurusi urusan orang lain, maka hal tersebut bisa membuat hubungan menjadi kurang baik.

3. Bisa Memperkeruh Suasana

Terkadang urusan juga merupakan sebuah masalah yang harus diatasi. Namun, yang lebih mengerti dan paham mengenai masalah tersebut ada orang yang bersangkutan, bukan orang lain seperti diri kita. Oleh sebab itu, kota tidak perlu campur tangan. Bahkan, campur tangan orang lain justru bisa memperkeruh suasana. 

4. Bisa Salah Paham

Banyak urusan yang sifatnya kompleks dan tidak bisa dipahami hanya dengan satu-dua kalimat. Oleh karena itu, apabila kita ikut mencampuri urusan orang lain maka bisa terjadi salah paham. Salah paham ini bisa memicu masalah yang tidak diinginkan.

5. Berpotensi Jadi Gosip

Kita cukup tahu hal-hal yang wajar saja, jangan menggali informasi terlalu dalam karena hal tersebut selain tidak sopan, juga berpotensi besar menimbulkan gosip. Hal tersebut tentu akan menjadi masalah tidak hanya pada orang yang bersangkutan tetapi juga pada diri kita sendiri.

Demikian 5 alasan kenapa kita tidak boleh ikut campur tangan dalam masalah orang lain. Jangan jadi orang yang terlalu kepo, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak