facebook

Sudah Bekerja? Tetap Pelajari 4 Hal ini agar Terus Berkembang

Diat Anugrah
Sudah Bekerja? Tetap Pelajari 4 Hal ini agar Terus Berkembang
Ilustrasi belajar (pexels.com/tirachard-kumtanom)

Kita hendaknya terus belajar sepanjang hayat. Tidak hanya ketika kita masih sekolah atau kuliah saja, karena tugas belajar bukan hanya untuk pelajar dan mahasiswa saja tetapi untuk setiap orang yang bisa berpikir. 

Oleh karena itu, apabila kita sudah bekerja dengan nyaman, bukan berarti kita tidak perlu belajar. Kita tetap perlu untuk belajar setiap waktu karena masih banyak pengetahuan yang belum kita pahami dan masih banyak skill yang belum kita kuasai.

Lalu, apa yang sebaiknya kita pelajari ketika sudah bekerja? Berikut ini adalah 4 hal yang sebaiknya kita pelajari ketika sudah bekerja.

1. Perkembangan Teknologi

Teknologi berkembang dengan sangat pesat. Selalu ada teknologi-teknologi baru yang diterapkan untuk mempermudah tugas manusia dalam berbagai bidang, tidak terkecuali dalam dunia kerja. Banyak teknologi baru yang digunakan di berbagai jenis pekerjaan. 

Sebagai contoh, dulu orang bekerja dengan menulis tangan atau menggunakan mesin tik, namun kini mesin tik tidak lagi digunakan karena sudah menggunakan komputer. Hal ini tentu sangat berpengaruh bagi para pekerja.

Apabila kita tidak mempelajari dan mengikuti perkembangan teknologi, maka kita akan ketinggalan zaman dan bisa tersingkir dari dunia kerja. 

2. Skill yang Relevan

Setiap pekerjaan membutuhkan skill atau kemampuan tertentu. Meskioun kita merasa sudah handal, kita harus terus belajar mengasah skill yang relevan untuk pekerjaan kita. Karena dengan terua belajar, maka kemampuan kita akan terus meningkat dan akan membuat kita lebih mudah dalam melakukan berbagai macam tugas.

3. Skill dan Pengetahuan Baru

Selain skill yang relevan dengan pekerjaan kita, tidak ada salahnya jika kita mempelajari skill atau pengetahuan baru di bidang lain. Skill dan pengetahuan baru ini bisa bermanfaat bagi kita terutama jika ingin berganti profesi. Semakin banyak skill yang kita kuasai, maka semakin luas pilihan pekerjaan kita.

4. Self Improvement

Self improvement atau perbaikan diri hendaknya selalu kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus mempelajari hal-hal yang bisa membuat diri kita lebih baik. Misalnya kita lemah ketika berbicara di depan orang banyak orang, maka kita bisa belajar tentang public speaking. Banyak buku tentang self improvement yang bisa kita baca.

Demikian 4 hal yang sebaiknya kita pelajari meskipun sudah bekerja. Jangan pernah berhenti belajar karena akan membuat kita menjadi tidak berkembang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak