facebook

6 Tips agar Hidup Selalu Produktif, Jangan Lupa Istirahat!

Diat Anugrah
6 Tips agar Hidup Selalu Produktif, Jangan Lupa Istirahat!
Ilustrasi produktif (Freepik.com/tirachardz)

Dalam hidup, kita dianjurkan untuk bisa produktif. Dalam artian, rutinitas kita sehari-hari hendaknya bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Entah itu hasil pekerjaan, karya, dan lain sebagainya. Hal ini penting agar waktu yang kita lewati tidak hanya terbuang sia-sia melainkan memiliki hasil yang bermanfaat.

Semua orang tentu ingin hidupnya produktif. Namun menjadi produktif tidak seperti membalikkan telapak tangan. Terkadang banyak aktivitas yang membuat waktu kita terbuang sia-sia. Misalnya bermain atau nongkrong tanpa kenal waktu.

Untuk itu, ada beberapa tips yang hisa dilakukan agar hidup kita lebih produktif. Berikut ini adalah 6 tips agar hidup kita produktif.

1. Membuat Perencanaan dengan Matang

Rencana sangat penting dalam hidup kita. Kita perlu membuat rencana dengan matang agar hidup kita lebih terarah. Dengan demikian, kita bisa mengurangi aktivitas yang tidak berguna sehingga hidup kita bisa menjadi lebih produktif.

2. Memasang Target yang Baik

Target bermanfaat untuk memberi motivasi pada diri kita agar tetap semangat nerjuang atau bekerja. Ketika kita punya target yang sudah ditentukan, maka kita akan berjuang semaksimal mungkin untuk mencapai target tersebut sehingga tidak banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Begitu juga ketika kita ingin menjadi produktif. Maka, tentukan target tertentu hasil seperti apa yang ingin dicapai. Dengan demikian, kita akan berusaha untuk mencapai itu.

3. Memanfaatkan Setiap Waktu

Jika kita ingin produktif maka kita harus memanfaatkan setiap waktu dengan baik. Ketika kita berleha-leha dengan ketika kita bekerja, tentu hasilnya akan berbeda.

Oleh karena itu, pandailah mengatur waktu. Tentukan mana waktu untuk bersantai maupun aktivitas lainnya dengan mana waktu untuk fokus bekerja. Dengan begitu niscaya hidup kita bisa lebih produktif.

4. Konsisten

Ketika kita ingin produktif atau ingin mencapai sesuatu, biasanya kita akan sangat bersemangat di awal. Namun seiring berjalannya waktu ketika motivasi sudah menurun maka kita jadi malas-malasan untuk melakukannya. Akibatnya, kita jadi tidak konsisten dan hasil yang didapat juga tidak akan maksimal.

5. Jangan Gengsi

Terkadang kita ingin melakukan sesuatu yang bermanfaat namun terhalang gengsi karena malu dengan orang lain. Misalnya malu berjualan, malu melakukan suatu pekerjaan, dan lain sebagainya. Sikap seperti ini harus segera kita buang jauh-jauh. Rasa gengsi tersebut hanya akan membuat diri kita menjadi tidak berkembang.

6. Tetap Istirahat

Meskipun ingin selalu produktif, kita harus tetap meluangkan waktu untuk beristirahat. Apabila kita terus memaksakan diri, maka tubuh dan pikiran kita akan lelah yang justru dapat mempengaruhi produktifitas kita. 

Demikian 6 tips yang bisa dilakukan agar kita bisa tetap produktif. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak