facebook

5 Tips Menyusun Rencana yang Baik, Harus Realistis!

Diat Anugrah
5 Tips Menyusun Rencana yang Baik, Harus Realistis!
Ilustrasi rencana (Pexels.com/suzy-hazelwood)

Dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kita perlu memiliki rencana. Perencanaan ini penting agar langkah-langkah yang kita ambil bisa lebih terarah, sehingga kita bisa mencapai sebuah tujuan.

Perencanaan sendiri bisa dibuat untuk berbagai hal. Tidak harus untuk urusan yang penting atau besar saja, kita bahkan bisa membuat rencana untuk hal-hal sederhana. Mulai dari rencana aktivitas saat akhir pekan, rencana liburan, rencana perjalanan, dan lain sebagainya.

Apabila kita tidak memiliki rencana, maka langkah kita bisa berantakan dan tidak terarah. Akibatnya, hal-hal yang kita lakukan tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Bahkan, jika tidak ada rencana kita bisa tidak tahu apa yang harus kita lakukan.

Oleh karena itu kita harus bisa membuat rencana dengan matang. Berikut ini adalah 5 tips yang bisa dilakukan untuk membuat rencana dengan baik.

1. Tentukan Target atau Tujuan

Sebelum membuat rencana, terlebih dahulu kita harus menentukan target atau tujuan kita. Karena rencana adalah langkah-langkah yang akan kita lakukan untuk mencapai suatu tujuan, bagaimana mungkin kita membuat rencana jika tidak memiliki tujuan.

Target atau tujuan yang ingin kita capai akan sangat mempengaruhi rencana yang kita buat. Apabila tujuan tidak jelas, maka kita juga akan kesulitan dalam membuat rencana.

2. Pahami Kemampuan Diri

Ketika menentukan tujuan dan membuat rencana, kita harus memahami kemampuan diri kita. Sebaiknya kita membuat tujuan dan rencana yang realistis sesuai dengan kemampuan kita.

Jangan buat tujuan atau rencana yang tidak bisa kita lakukan. Hal tersebut bisa membuat rencana hanya menjadi wacana karena tidak bisa kita wujudkan.

3. Susun dengan Jelas

Kita harus menyusun rencana kita dengan jelas. Semakin jelas rencana yang jita buat, maka akan semakin mudah bagi kita untuk melangkah. Kita harus menentukan langkah-langkah yang akan kita lakukan dengan rinci sehingga tidak kesulitan saat merealisasikannya. 

4. Buat Skala Prioritas

Saat menyusun langkah-langkah dalam rencana, hendaknya kita bisa membuat skala prioritas dengan menentukan mana yang penting dan mana yang tidak penting. Kita bisa menghilangkan urusan yang tidak penting supaya tidak mengganggu atau menghambat urusan lainnya yang lebih penting.

5. Selalu Evaluasi

Kita bisa berencana namun belum tentu bisa mewujudkannya karena kenyataan tidak selalu sesuai dengan rencana kita. Oleh karena itu, kita harus selalu melakukan evaluasi mengenai rencana kita.

Apakah sudah berjalan dengan baik atau belum? Selain itu, kita juga perlu untuk membuat rencana alternatif jika rencana utama kita tidak berjalan dengan baik.

Demikian 5 tips yang bisa kita terapkan saat membuat sebuah rencana. Tips ini bisa kita terapkan untuk membuat rencana dalam segala urusan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak