facebook

5 Akibat Ikut Campur Urusan Orang Lain, Bisa Dimusuhi!

Diat Anugrah
5 Akibat Ikut Campur Urusan Orang Lain, Bisa Dimusuhi!
Ilustrasi ikut campur (Pexels.com/keira-burton)

Semua orang yang hidup di dunia ini tentu memiliki berbagai urusan. Urusan setiap orang juga berbeda-beda sesuai dengan kondisi hidup masing-masing. Namun, urusan yang berbeda tersebut bukan menjadi alasan bagi kita untuk ikut campur dalam masalah orang lain.

Sebagai makhluk sosial yang sering berinteraksi dengan orang lain, tidak heran jika urusan seseorang bisa terdengar oleh orang lain. Terkadang bisa mulai dari desas-desus hingga gosip yang tersebar dari mulut ke mulut. Namun, kita tidak boleh mencampuri urusan orang lain.

Kita hendaknya fokus mengurus urusan kita sendiri, jangan mengurusi urusan orang lain. Tindakan tersebut adalah tindakan tercela yang tidak disukai oleh semua orang. Kalau kita masih tetap nekad mengurusi urusan orang lain, maka kita akan mendapat masalah yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah 5 akibat yang bisa menimpa kita apabila kita campur tangan dalam urusan orang lain.

1. Dimusuhi Orang Lain

Setiap orang tentu ingin menyelesaikan urusannya sendiri tanpa campur tangan orang lain. Apabila kita campur tangan dalam urusan orang lain, hal tersebut akan membuat orang lain merasa risih dan terganggu.

Apalagi jika masalahnya bersifat cukup privat bahkan menyangkut masalah yang berat, kita bisa tidak disukai bahkan dimusuhi oleh orang lain karena ikut campur dalam masalahnya.

2. Mendapat Masalah

Ikut campur dalam urusan orang lain berarti ikut terseret dalam urusan tersebut. Apabila urusannya merupakan sebuah masalah yang pelik, maka kita juga jadi terlibat dalam masalah tersebut. Akibatnya, masalah yang seharusnya jadi milik orang lain menjadi milik kita juga.

3. Banyak Urusan Tidak Penting

Urusan penting bagi orang lain belum tentu penting bagi diri kita. Apabila kita ikut mengurusi urusan orang lain, maka hidup kita akan dipenuhi dengan urusan-urusan yang tidak penting. Waktu kita yang seharusnya bisa digunakan untuk kegiatan lain yang lebih bermanfaat justru habis untuk campur tangan dalam urusan orang lain.

4. Memperkeruh Suasana

Campur tangan orang lain dalam sebuah urusan akan membuat suasana menjadi semakin keruh. Pendapat kita yang entah berguna atau tidak bukannya menyelesaikan masalah justru bisa membuat masalah semakin runyam. Hal tersebut bisa membuat orang lain terganggu oleh kita.

5. Urusan Sendiri Tidak Teratasi

Ingat bahwa bukan hanya orang lain yang memiliki urusan, kita juga memiliki urusan yang harus diselesaikan. Apabila kita hanya sibuk mengurusi urusan orang lain, maka urusan kita akan terbengkalai dan tidak teratasi karena kita tidak memiliki waktu untuk urusan kita sendiri.

Denikian 5 akibat ikut campur dalam urusan orang lain. Jangan pernah lakukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak