facebook

4 Sikap Baik yang Bisa Ditanamkan pada Anak Sejak Dini, Salah Satunya Tepat Waktu!

Latifah ..
4 Sikap Baik yang Bisa Ditanamkan pada Anak Sejak Dini, Salah Satunya Tepat Waktu!
Ilustrasi anak sekolah (pexels.com/Thirdman)

Memiliki anak yang sopan dan berakhlak mulia tentu jadi dambaan orangtua mana pun, bukan? Nah, kamu bisa, lho, menjadikan si kecil berperilaku baik asalkan dari sejak dini sudah ditanamkan berbagai nilai-nilai baik. Nah, berikut empat sikap baik yang bisa ditanamkan pada anak sejak dini. 

1. Tepat waktu

Di antara kebiasaan buruk orang Indonesia yang sudah begitu mengakar, adalah telat. Padahal, perilaku seperti ini bisa berakibat buruk bagi masa depannya kelak, lho. Terutama jika si kecil sudah tumbuh dewasa dan masuk dunia kerja.

Maka dari itu, ayah bunda bisa mengajarkan si kecil sejak dini untuk selalu datang tepat waktu. Gimana caranya? Paling mudah dengan teladan.

Misalnya, ayah bunda pun selalu berangkat kantor tepat waktu. Coba berikan teladan ke si kecil untuk menyiapkan keperluan yang akan dibawa esok hari agar gak telat. Nanti dia pun akan mencontoh dengan mempersiapkan kebutuhan sekolahnya di malam hari.

2. Buang sampah di tempatnya

Permasalahan sosial lain yang kerap bikin nama Indonesia tercoreng, yaitu kesadaran buang sampah di tempatnya yang sangat rendah. Nah, agar generasi nantinya gak seperti ini, mulai sekarang ayah bunda bisa melatih si kecil untuk selalu buang sampah pada tempatnya.

Selain itu, ajarkan ia pula jika tidak menemukan tong sampah di sekitarnya, maka simpan dulu sampahnya untuk dibuang nanti saat sudah ketemu tempat sampah. Jika sedari kecil sudah ditanamkan kesadaran untuk gaya hidup bersih seperti ini, nantinya ia akan terbiasa.

3. Berlaku sopan ke siapa pun

Ayah bunda dapat menanamkan akhlak mulia pada anak, misalnya dengan mengajarkan untuk berlaku sopan ke siapa pun. Misalnya, kalau ada tamu harus cium tangan. Ketika lewat di jalan bilang permisi. Atau sesimpel tersenyum ramah dengan tetangga.

4. Menghormati yang tua

Saat ini miris sekali melihat banyak anak kecil yang bersikap kasar terhadap orang yang lebih tua. Agar si kecil gak sampai ikut-ikutan perilaku buruk tadi, ayah bunda bisa mulai ajarkan dari sekarang untuk senantiasa bersikap hormat pada orang yang lebih tua. Misalnya, berkata-kata yang lembut ke orang yang lebih tua.

Nah, itu dia empat sikap baik yang dapat kamu tanamkan pada anak sejak dini agar ia tumbuh menjadi pribadi dengan akhlak mulia. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak