facebook

5 Contoh Sikap Rela Berkorban di Kehidupan Bermasyarakat, Pernah Lakukan?

Riva Khodijah
5 Contoh Sikap Rela Berkorban di Kehidupan Bermasyarakat, Pernah Lakukan?
Ilustrasi berdonasi (Freepik.com/freepik)

Tercipta sebagai makhluk sosial tentunya kamu akan mengalami yang namanya saling tolong-menolong. Dalam menolong ini diperlukan sikap rela berkorban, baik itu berkorban uang, waktu, tenang, atau hal lain.

Nah, dalam kehidupan bermasyarakat ada beberapa contoh sikap rela berkorban yang bisa kamu tiru. Seperti apa? Mari simak ulasan di bawah ini.

1. Membantu tetangga saat sakit

Contoh sikap rela berkorban yang bisa kamu praktikkan, yaitu ketika ada tetangga sakit dibantu. Misalnya, bagi kamu yang mampu, bisa dengan memberinya uang sebagai biaya berobat atau untuk membeli makanan sehat agar bisa cepat pulih.

Kalau tetanggamu kebetulan gak ada yang bisa masak, kamu bisa menolongnya dengan memasakkan makanan untuk tetangga tersebut atau anggota keluarganya yang sibuk merawatnya. Pertolonganmu ini benar-benar sangat berharga buat mereka, lho.

2. Tidak menyetel musik keras-keras

Kendati kamu menyetel musik di rumah sendiri, tapi kamu berusaha untuk tidak sampai mengganggu tetangga lain dengan menyetel musik keras-keras. Meskipun sebenarnya kalau menuruti hasrat hati, kamu ingin sekali menyetel musik dengan volume kencang supaya puas.

Hanya saja, sadar diri bahwa dalam hidup bermasyarakat diperlukan adanya saling pengertian, kamu memilih untuk menyetel volume secukupnya saja.

3. Ikut kerja bakti

Sudah membayangkan akhir pekan akan dihabiskan untuk rebahan, ternyata ada jadwal kerja bakti. Mau gak mau, kamu pun memenuhi panggilan tersebut. Terpaksa rencana tadinya mau bangun lebih siang, kini tetap bangun pagi untuk ikut kerja bakti bareng warga yang lain.

4. Membayar iuran bulanan untuk bantuan sesama warga

Bentuk rela berkorban selanjutnya bisa dalam bentuk membayar iuran bulanan yang alokasi dananya diperuntukkan bagi warga yang membutuhkan. Misalnya, ketika ada warga yang meninggal, maka iuran bulanan tadi dipakai untuk uang duka demi meringankan beban keluarga yang ditinggalkan.

5. Memasak lebih untuk dibagikan ke tetangga

Hal lain yang dapat kamu lakukan sebagai wujud rela berkorban dalam kehidupan bermasyarakat, yaitu dengan memasak lebih supaya bisa dibagikan ke tetangga. Apalagi jika kebetulan kamu sedang masak menu yang enak, misalnya menu ayam atau daging.

Melihat tetanggamu yang jarang-jarang makan ayam atau daging, tentunya bakal bahagia sekali ketika gak ada angin atau hujan dapat hantaran lauk yang nikmat. Membahagiakan orang lain disenangi Tuhan, lho.

Coba lakukan hal-hal tadi, ya. Jangan kaget bila nantinya kamu akan dicap sebagai tetangga yang baik!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak