facebook

5 Tips Tetap Belajar Meskipun Sudah Bekerja, Pasti Bisa!

Diat Anugrah
5 Tips Tetap Belajar Meskipun Sudah Bekerja, Pasti Bisa!
Ilustrasi belajar (Pexels.com/tirachard-kumtanom)

Belajar adalah hal yang sangat bermanfaat. Saking bermanfaat dan pentingnya, belajar menjadi kewajiban setiap orang tidak memandang siapa orang tersebut, entah itu dewasa maupun anak-anak, laki-laki maupun perempuan.

Belajar juga bukan hanya kewajiban pelajar atau mahasiswa saja. Jadi, meskipun kita sudah tidak lagi bersekolah maupun kuliah, kita tetap harus selalu belajar. Begitu juga ketika kita sudah bekerja, kita harus terap belajar.

Meski begitu, banyak orang yang setelah bekerja dengan nyaman jadi tidak menyempatkan diri untuk belajar. Bisa karena kesibukan yang menghabiskan waktu, atau karena sudah merasa tidak butuh lagi untuk belajar. Padahal, kita tetap bisa belajar meskipun sudah bekerja.

Berikut ini adalah 5 tips belajar saat sudah bekerja.

1. Pilih Bidang yang Ingin Dipelajari

Di dunia ini ada banyak sekali bidang yang bisa dipelajari. Saking banyaknya, kita tidak mungkin sanggup mempelajari semuanya. Oleh karena itu, kita harus memilih hidang tertentu yang ingin kita pelajari.

Namun, bukan berarti kita harus belajar satu bidang saja dan tidak mempelajari bidang lain. Kita tetap bisa mempelajari berbagai bidang sesuai minat kita.

Memilih bidang yang ingin dipelajari bisa membuat kuta lebih terarah dalam belajar. Kita juga jadi bisa memilih metode serta sumber belajar yang tepat sesuai minat dan kemampuan kita.

2. Jangan Abaikan Pekerjaan Utama

Meskipun belajar adalah hal yang sangat baik dan bermanfaat, kita tidak boleh mengabaikan pekerjaan utama kita. Bagaimanapun juga pekerjaan adalah tanggung jawab yang harus kita selesaikan. Jadi, kita harus tetap mengerjakan pekerjaan kita dengan maksimal.

3. Konsisten

Hal yang cukup sulit untuk diterapkan dalam berbagai hal termasuk belajar adalah konsistensi. Ketika kita tertarik mengenai suatu hal, mungkin kita akan sangat bersemangat mempelajarinya. Namun, lama-kelamaan kita bisa bosan dan menjadi malas. Hal seperti ini yang membuat kita menjadi tidak maksimal dalam belajar.

4. Jangan Malu

Masih banyak orang yang menganggap bahwa orang yang masih belajar adalah orang yang bodoh. Akibatnya banyak orang yang tidak mau belajar lagi karena merasa malu. Padahal, dengan belajar kita bisa memperbaiki diri kita menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu, jangan malu untuk terus belajar.

5. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Orang yang sudah bekerja tidak memiliki waktu untuk belajar sebanyak pelajar atau mahasiswa. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkan setiap waktu yang ada dengan baik. Misalnya ketika jam istirahat, saat akhir pekan, dan waktu-waktu luang lainnya untuk belajar.

Demikian 5 tips yang bisa kita lakukan untuk belajar meskipun sudah bekerja. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak