facebook

4 Sifat Orang yang Belum Dewasa, Ayo Perbaiki!

Diat Anugrah
4 Sifat Orang yang Belum Dewasa, Ayo Perbaiki!
Ilustrasi pria dewasa (Pexels.com/the-lazy-artist-gallery)

Kehidupan yang kita jalani adalah proses. Kita berproses sejak dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Semakin bertambahnya umur kita, hendaknya kita bisa menjadi manusia yang lebih baik dan bijak. Hal ini sebagai bentuk dari kedewasaan seseorang.

Namun, kedewasaan seseorang tidak selalu beriringan dengan usianya. Belum tentu orang yang sudah berumur memiliki sifat dan sikap layaknya orang yang sudah dewasa. Bisa juga seorang yang lebih muda justru lebih dewasa dalam bersikap.

Oleh karena itu, lebih tepat apabila kita mengatakan bahwa dewasa atau tidaknya seseorang adalah masalah mental. Hal ini bisa dilihat dari sifat dan sikap yang ditunjukkan oleh seseorang. Untuk itu, meskipun kita sudah berumur, belum tentu kita sudah dewasa.

Berikut ini adalah 4 tanda orang yang belum menjadi dewasa secara mental.

1. Susah Mengontrol Emosi

Dewasa atau tidaknya seseorang bisa dilihat dari caranya mengontrol emosi dalam berbagai keadaan. Orang yang belum dewasa akan lebih mudah terpancing emosinya dan melakukan hal-hal dengan pertimbangan emosi tersebut.

Ketika menghadapi kondisi atau keadaan tertentu, orang yang belum dewasa kurang bisa mengendalikan emosinya dengan baik.

2. Gegabah dalam Mengambil Keputusan

Karena belum bisa mengontrol emosi dengan baik, hal ini juga berpengaruh dalam caranya mengambil keputusan. Karena terbawa emosi, maka seseorang akan sulit untuk berpikir sehingga lebih gegabah dalam mengambil keputusan.

3. Tidak Mau Menerima Kenyataan

Dalam hidup ini kita tentu memiliki harapan tertentu. Namun, tidak selamanya kenyataan sesuai dengan harapan kita. Kedewasaan seseorang bisa dilihat dari caranya menyikapi kenyataan yang tidak sesuai harapannya.

Orang yang belum dewasa tidak mau ikhlas menerimanya dan selalu ingin dunia berjalan sesuai yang diharapkan. Ia tidak busa menyesuaikan diri dengan kenyataan yang ada. 

4. Tidak Bertanggung Jawab

Setiap perbuatan yang kita lakukan memiliki dampak tertentu, entah itu kecil maupun besar. Sebagai orang yang berbuat, kita harus mau bertanggung jawab atas segala hak yang ditimbulkan oleh perbuatan kita.

Namun, orang yang belum dewasa tidak mau bertanggung jawab. Mereka biasanya tidak mau mengakui dan melempar kesalahan pada orang lain.

Demikian 4 tanda orang yang belum dewasa secara moral. Kalau ada orang yang sudah berumur namun sikapnya masih seperti itu, berarti dia belum bisa disebut sebagai orang dewasa sepenuhnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak