facebook

4 Kebiasaan Sederhana Ini Sebabkan Tidak Produktif, Segera Hindari!

Diat Anugrah
4 Kebiasaan Sederhana Ini Sebabkan Tidak Produktif, Segera Hindari!
Ilustrasi tidak produktif (Pexels.com/andrea-piacquadio)

Sebagai manusia yang menjalani rutinitas sehari-hari, kita sebaiknya memanfaatkan waktu dengan baik. Salah satu tanda kita memanfaatkan waktu dengan baik adalah kita menjadi produktif dalam hal-hal tertentu.

Menjadi produktif adalah sebuah keharusan bagi kita. Jika tidak, kita tidak akan mebgalami kemajuan dan perkembangan. Tentu saja hasil dari produktivitas setiap orang berbeda-beda.

Meski begitu, sering kali kita justru menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Akibatnya, kita jadi tidak produktif dan membuang waktu dengan sia-sia. Berikut ini ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membuat kita menjadi tidak produktif.

1. Berkata "Nanggung"

Pernahkah kamu ingin memulai sesuatu ketika waktu menunjukkan pukul 9.55, lalu dengan alasan 'nanggung' kita berpikir untuk memulainya pukul 10.00 saja? Kebiasaan seperti ini jika diteruskan akan menghambat produktivitas kita.

Kita mungkin berpikir 5 menit adalah waktu yang sebentar, namun sebenarnya jika digunakan dengan baik maka waktu tersebut bisa kita manfaatkan untuk mencicil pekerjaan kita.

2. Tidak Konsisten

Hambatan yang sering dialami oleh banyak orang dalam melakukan sesuatu adalah konsistensi. Kita biasanya akan bersemangat ketika baru memulai, namun lama-kelamaan akan muncul rasa bosan dan malas.

Kebiasaan seperti ini akan membuat kita tidak produktif. Lebih baik sedang-sedang saja namun konsisten daripada 'ngebut' di awal namun kendor di tengah jalan.

3. Mengandalkan Orang Lain

Kita harus bisa mengandalkan diri kita sendiri. Kita mungkin bisa meminta bantuan pada orang lain di saat-saat tertentu. Tapi, jangan sampai kita terlalu mengandalkan orang lain karena bisa membuat kita menjadi ketergantungan.

Bagaimana jika tidak ada orang lain dan kita harus mengerjakannya sendirian? Kita akan kesulitan karena terbiasa bergantung pada orang lain.

4. Tidak Fokus pada Pekerjaan

Saat melakukan sesuatu, hindari segala hal yang bisa menganggu konsentrasi kita. Ketika kita tidak fokus pada pekerjaan yang sedang kita lakukan, maka hasilnya tidak akan maksimal. Akibatnya kita menjadi tidak produktif.

Demikian 4 kebiasaan sederhana yang bisa membuat kita menjadi tidak produktif. Segera buang kebiasaan tersebut jika kita ingin menjadi lebih baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak