facebook

Yuk, Bentuk 5 Sikap Positif Ini Sebelum Beranjak Dewasa!

Adira Putri Aliffa
Yuk, Bentuk 5 Sikap Positif Ini Sebelum Beranjak Dewasa!
Ilustrasi orang-orang tertawa (Pexels.com/Helena Lopes)

Fase dewasa adalah fase saat semua keadaan berubah. Para remaja yang tadinya selalu dimanjakan secara perlahan mereka harus beranjak dari keadaan itu.

Remaja harus belajar untuk memaknai arti hidup lebih luas lagi. Keadaan tersebut mungkin tak semudah yang mereka kira. Terkadang keadaan tersebut harus mengorbankan banyak tenaga dan air mata.

Mau tidak mau mereka harus melewati fase berat itu karena hidup memang harus terus berjalan. Nah, ada baiknya kamu bentuk 5 sikap positif di bawah ini sebelum menghadapi fase dewasa yang lebih lanjut. Yuk simak sampai habis!

1. Kritis dan Berpikiran Luas

Pribadi yang kritis dan berpikiran luas sangat perlu dibentuk saat beranjak menghadapi fase dewasa. Ketika kamu beranjak dewasa, akan ada banyak permasalahan yang mendatangimu.

Tentunya permasalahan itu menguji cara berpikirmu untuk menemukan solusi, membentuk mentalmu, dan membuat dirimu lebih kuat.

Saat kamu bisa melihat masalah itu dari berbagai sudut pandang maka akan lebih mudah untukmu bertahan dan berjuang. Sebab, terkadang pemikiran yang luas sangat penting untuk menyelesaikan segala permasalahan.

Tentunya agar kamu tidak terlalu larut dalam kesedihan, terlalu lama mengeluh, dan cepat emosi dalam menghadapi segala hiruk pikuk di dunia ini.

2. Tanggung Jawab dan Berani Ambil Risiko

Sikap kedua yang harus dibentuk adalah tanggung jawab dan berani ambil risiko. Tanpa disadari semakin tumbuh dewasa, semakin banyak juga hal yang harus menjadi tanggung jawabmu.

Kamu juga semakin sadar bahwa kamulah yang bertanggung jawab atas diri dan hidupmu sendiri. Bahkan terkadang kamu juga perlu bertanggung jawab atas hidup keluargamu, bila kamu menjadi tulang punggung keluarga.

Maka dari itu, cobalah untuk membentuk mentalmu menjadi lebih kuat. Selain tanggung jawab, saat beranjak dewasa kamu juga kadang perlu untuk berani mengambil risiko.

Mumpung masih muda harus banyak coba melakukan hal baik yang baru dan tantangan baru. Dengan tantangan baru tersebut kamu juga bisa belajar banyak hal yang mungkin bisa kamu terapkan di masa depan. 

3. Mandiri

Setelah memiliki pemikiran yang lebih matang, maka kamu juga harus meningkatkan kemandirianmu. Kembali lagi pada pernyataan sebelumnya bahwa semakin dewasa kamulah yang bertanggung jawab atas diri dan hidupmu sendiri. Maka dari itu kamu harus bisa mengandalkan dirimu sendiri dengan kemandirian yang kamu miliki.

4. Hemat

Sikap yang keempat ini masih sering terasa sulit dilakukan oleh anak muda. Ya memang hemat tak semudah yang dibayangkan banyak orang. Pasti akan selalu ada godaan untuk membeli barang-barang yang tidak penting-penting amat.

Namun, semakin dewasa kamu juga perlu belajar mengatur keuanganmu. Mulailah dengan membuat jurnal keuangan pribadi, mencatat pengeluaran setiap bulan, dan menyusun prioritas barang yang harus dibeli.

5. Ramah

Semakin dewasa, relasi yang luas sangat penting bagi kehidupan remaja. Dengan adanya relasi, maka akan ada banyak hal yang dimudahkan. Untuk memperluas relasi ini, kamu perlu menjadi ramah terhadap orang-orang baru dan menghapus sikap pemalumu. 

Nah itu dia tadi 5 sikap yang perlu kamu bentuk saat beranjak dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak