facebook

5 Cara Mencintai Diri Sendiri, Buat Hidup Lebih Bahagia

Diat Anugrah
5 Cara Mencintai Diri Sendiri, Buat Hidup Lebih Bahagia
Ilustrasi hidup bahagia (pexels.com/helena-lopez)

Dalam hidup ini, kita bisa terlalu fokus untuk mencintai orang lain sehingga lupa bahwa kita juga harus mencintai diri kita sendiri. Apabila kita mencintai seseorang, kita akan melakukan apapun agar dia bisa menjadi bahagia. Begitu pula jika kita mencintai diri kita sendiri, kita harus melakukan hal-hal yang bisa membuat kita menjadi bahagia.

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan antara mencintai diri sendiri dengan egois. Padahal mencintai diri sendiri atau self-love sama sekali berbeda dengan sikap egosi. Mencintai diri sendiri artinya memberi kesempatan bagi diri kita untuk bahagia. Sedangkan egois artinya mementingkan diri sendiri tanpa memikirkan orang lain.

Kita perlu mencintai diri sendiri agar hidup kita bisa lebih bahagia. Berikut ini adalah 5 cara mencintai diri sendiri.

1. Memenuhi Kebutuhan Pribadi

Setiap orang memiliki kebutuhannya masing-masing yang harus dipenuhi, mulaindari kebutuhan primer hingga tersier. Jika kita mencintai diri kita, maka hendaknya kita berusaha memenuhi kebutuhan kita sendiri. Jangan hanya mementingkan orang lain seperti kekasih atau yang lainnya sampai lupa kebutuhan kita sendiri. Hal tersebut sama saja kita sedang menyusahkan diri sendiri.

2. Menjauhi Orang-Orang Toxic

Dalam hidup kita dikelilingi oleh berbagai macam orang. Ada yang sifatnya baik namun tidak jarang kita menemukan norang toxic. Orang yang toxic dengan segala sikap buruknya akan berdampak buruk pada kita. Oleh karena itu jika kita mencintai diri kita maka kita harus bisa menjaga jarak dengan orang-orang yang toxic.

3. Menerima Kondisi Diri Apa Adanya

Kita tentu memiliki harapan, namun tidak selamanya kenyataan sesuai dengan harapan kita. Namun kita harus tetap menerima dengan lapang dada apa yang ada pada diri kita. Apabila kita tidak menerima kondisi dengan ikhlas, maka hal itu hanya akan membuat diri kita tersiksa.

4. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Kita memiliki rutinitas yang harus kita lakukan setiap hari. Rutinitas tersebut bisa membuat kita jenuh dan tidak bersemangat menjalani hari. Oleh karena itu, hendaknya kita sesekali meluangkan waktu untuk diri kita sendiri agar pikiran kita menjadi segar dan merasa lebih baik.

5. Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Membandingkan diri kita dengan orang lain akan membuat kita jadi tidak bersyukur dan merasa tidak baik. Oleh karena itu, hendaknya kita tidak membandingkan diri kita dengan orang lain.

Demikian 5 cara mencintai diri sendiri. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak