facebook

3 Cara Memilih Pertemanan yang Cocok untuk Dijadikan Teman Dekat, Bukan Soal Materi!

Delia Sanjaya
3 Cara Memilih Pertemanan yang Cocok untuk Dijadikan Teman Dekat, Bukan Soal Materi!
Ilustrasi pertemanan (Pexels/Pixabay)

Hampir setiap orang mempunyai hubungan pertemanan, entah dari teman sekolah, teman lingkungan rumah, teman satu komunitas dan semacamnya. Mempunyai banyak teman memang bisa berpengaruh baik, seperti bisa mendapatkan banyak relasi, membuat kita semakin lebih percaya diri dengan bisa bertemu dan berkenalan dengan banyak orang baru. 

Namun, tidak semua teman bisa kita jadikan sebagai teman dekat. Ada juga orang yang hanya bisa dijadikan sebagai teman yang sekadar cukup kenal saja. Banyak juga orang yang memang tidak sefrekuensi dan ada juga orang yang memang tidak memilih untuk mau berteman dengan kita. Namun, ada beberapa cara memilih teman yang cocok dijadikan teman dekat.

1. Lihat Cara Temanmu Menghargai Dirimu

Ilustrasi tiga wanita yang terlihat senang (Pexels/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi tiga wanita yang terlihat senang (Pexels/Andrea Piacquadio)

Pernahkah kamu tidak dihargai oleh orang lain? Apa yang kamu rasakan? Apa kamu tidak merasakan sakit hati karena memang kamu tidak peduli? Tapi bagaimana dengan beberapa orang yang menganggap itu menyakitkan untuk hatinya? 

Memilih teman itu diperbolehkan, asalkan bukan memilih dari segi materi atau juga fisik. Maksud memilih teman, kamu bisa memilih mana teman yang memang bisa saling menghargai. Kamu menghargai temanmu dan temanmu juga bisa menghargaimu. 

Jika kamu punya teman yang tidak bisa sama sekali menghargai dirimu, sebaiknya berilah batasan, karena kamu pun berhak dihargai.

2. Lihat Sopan Santun Temanmu

Ilustrasi dua wanita duduk sambil berbincang (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)
Ilustrasi dua wanita duduk sambil berbincang (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Kamu boleh melihat mana teman yang memang punya sopan santun yang baik. Teman yang berperilaku positif akan bisa mendorongmu ke arah yang positif juga. 

Jika temanmu mempunyai sikap yang buruk, tidak pernah menghormati yang lebih tua, sering berucap dengan kata-kata yang kurang pantas didengar. Lebih baik teman yang seperti itu janganlah didekati. Carilah teman yang bisa membuat dirimu bisa lebih baik lagi.

3. Lihat Kepedulian Temanmu Terhadap Dirimu

Ilustrasi berpegangan tangan (Pexels/Kat Smith)
Ilustrasi berpegangan tangan (Pexels/Kat Smith)

Seorang teman yang pantas didekati adalah teman yang salah satunya punya kepedulian terhadap teman lainnya. Jika temanmu sedang memerlukan bantuan, sebaiknya bantulah sebisamu, begitu pun sebaliknya. 

Bukan melihat teman yang sedang kesusahan, kamu malah meninggalkannya, sebaiknya kamu harus beri dukungan dan mencoba untuk peduli dengan sebuah perhatian.

Itulah tiga cara memilih teman yang memang worthy dijadikan sebagai teman dekat. Jauhkan teman yang membuat dirimu jadi tidak berkembang.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak