facebook

4 Momen dalam Pramuka yang Mengesankan dan Bikin Kangen, Pernah Merasakan?

Risen Dhawuh Abdullah
4 Momen dalam Pramuka yang Mengesankan dan Bikin Kangen, Pernah Merasakan?
Pramuka merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan.[pixabay.com]

Pramuka merupakan ekstrakulikuler wajib di sekolah. Dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, terdapat kegiatan ekstrakulikuler pramuka.  Ketika akhir semester dua, biasanya menjadi kegiatan yang menyenangkan, sebab biasanya diadakan kemah meski harus mempersiapkan segalanya jauh-jauh hari.

Kemah tidak bisa dipungkiri memang menjadi kegiatan yang paling berkesan selama pramuka. Di kemah, berbagai kegiatan diselenggarakan untuk sekadar hiburan ataupun menguji pencapaian siswa selama dua semester menggeluti ekstrakulikuler pramuka.

Kegiatan-kegiatan pramuka yang mengasyikkan dapat membuat terkenang orang yang mengalami. Apalagi ketika sudah terlepas dari sekolah. Kenangan-kenangan saat pramuka yang terkadang membuat kangen saat kegiatan tersebut berlangsung.

Apa saja yang membuat kangen dalam kegiatan pramuka? Berikut daftarnya:

1. Rebutan Nama Regu

Salah satu yang mengesankan adalah rebutan nama untuk regu. Biasanya untuk kelompok laki-laki sering memperebutkan nama regu hewan yang sangar dan kuat, seperti harimau, singa, gajah, elang. Hewan-hewan tersebut menjadi yang paling laris diperebutkan. Sementara itu kelompok perempuan memperebutkan nama bunga, seperti mawar, melati, dll. Tentu ini hanya masalah, tapi diperebutkan merupakan sesuatu yang konyol sehingga meninggalkan kesan tersendiri.

2. Rebutan Anggota

Selain rebutan nama regu, juga ada rebutan lain, yaitu rebutan anggota. Biasanya rebutan anggota terjadi ketika ada orang yang terkenal pintar dan cekatan. Kebetulan orang itu belum memperoleh regu ketika awal-awal pembentukan regu. Biasanya paling parahnya sampai tarik-tarikan. Tidak ada yang mau mengalah. Regu yang memperebutkannya ingin memanfaatkan kelebihannya.

3. Bingung Mencari Peralatan Kemah

Selanjutnya adalah ketika agenda kemah sudah dekat. Para siswa biasanya sibuk mencari peralatan untuk kemah, seperti patok, tali pramuka, cat, dll. Mereka saling bertanya antar regu, untuk mencari informasi toko mana yang jual peralatan paling lengkap atau bertanya toko mana yang menjual peralatan yang sedang dicari. Jika jaraknya jauh pun tidak akan mengeluh, tetap ditempuh!

4. Kemah

Kemudian hal yang mengesankan sehingga membuat kangen selanjutnya kemah. Sebelum kemah, jauh-jauh hari mempersiapkan segalanya untuk menyambut kegiatan tersebut. Mulai dari mencari penyewaan tenda, membuat gapura, hingga mengincar barang-barang dapur di rumah. Di perkemahan biasanya banyak kegiatan, mulai dari lomba-lomba kepramukaan, jelajah alam, hingga pentas seni. Kemah juga terkadang membuat barang-barang yang dibawa hilang atau tidak kebawa pulang. Jika barang yang hilang adalah barang-barang dapur, ibu auto mengomel.

Nah, itulah 4 momen dalam pramuka yang mengesankan sehingga membuat kangen. Bikin kangen bukan? Apakah pembaca merasa ingin mengulangi momen-momen di atas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak