facebook

4 Kerugian dari Sifat Naif, Coba Lebih Realistis

Diat Anugrah
4 Kerugian dari Sifat Naif, Coba Lebih Realistis
Ilustrasi anak polos dan lugu (pixabay.com/loilamtan)

Sifat naif adalah sifat yang polos, lugu, atau kekanak-kanakan. Orang yang naif biasanya memandang segala permasalahan yang dihadapi dalam hidupnya dengan lurus-lurus saja. Mereka tidak memperhitungkan berbagai kemungkinan lain yang mungkin sedang atau akan terjadi. Atau bisa dibilang, orang naif selalu memandang baik apa yang ada di depannya.

Sifat ini mungkin baik untuk membuat diri kita selalu berpikiran positif. Selain itu, kita juga akan selalu optimis menjalani hidup ini karena tidak memikirkan hal-hal lain yang mungkin terjadi. Namun sifat naif juga bisa membawa kerugian pada pelakunya. 

Berikut ini adalah 4 kerugian yang bisa dialami karena sifat naif.

1. Mudah Dibohongi

Orang naif memiliki sifat yang lugu dan polos sehingga akan mudah percaya dengan apa yang dilihat maupun didengarnya. Dia tidak memiliki pemikiran macam-macam tentang apa yang dihadapi. Oleh sebab itu, orang yang naif cenderung mudah dibohongi karena tidak memiliki kewaspadaan pada orang lain.

2. Mudah Dipengaruhi

Selain mudah dibohongi, orang naif yang lugu dan polos juga mudah dipengaruhi oleh orang lain. Karena tidak memiliki pemikiran macam-macam dan kewaspadaan terhadap orang lain, orang naif akan mudah saja mengikuti perkataan orang lain tanpa menimbang-nimbang kemungkinan orang tersebut memiliki niat yang tidak baik.

3. Diremehkan Orang Lain

Karena mudah dibohongi dan dipengaruhi, orang naif akan dianggap sebagai orang yang lemah dan tidak berpendirian oleh orang lain. Oleh karena itu, orang naif akan mudah dianggap remeh oleh orang lain. Orang akan menganggap bahwa orang naif akan mudah berada di bawah pengaruhnya dan tidak akan melawan.

4. Sering Kecewa

Karena sifat lugu dan polosnya, orang naif akan memandang segala hal yang ada di hadapannya dengan sudut pandang positif. Dia akan menganggap bahwa segala hal akan berjalan dengan baik seperti seharusnya. Padahal, dunia tidak seperti itu, banyak kejadian yang tidak sesuai dengan harapan kita. Oleh sebab itu, orang naif cenderung sering kecewa karena banyak hal yang tidak sesuai ekspektasinya.

Demikian 4 kerugian dari sifat naif. Ayo berpikir lebih realistis dan waspada.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak