facebook

6 Tindakan Tidak Mencintai Diri Sendiri, Jangan Lakukan!

Diat Anugrah
6 Tindakan Tidak Mencintai Diri Sendiri, Jangan Lakukan!
Ilustrasi perempuan sedih (Freepik.com/lookstudio)

Sebagai makhkuk sosial yang tidak bisa hidup sendiri kita tidak bisa terlepas dari yang namanya cinta. Cinta menjadi hal yang menarik dan membuat hidup ini lebih berwarna. Namun, sering kali kita hanya memikirkan cinta kepada orang lain saja tanpa memikirkan tentang cinta pada diri sendiri.

Banyak orang yang masih berpikir bahwa kita hanya perlu mencintai orang lain. Padahal, mencintai diri sendiri jauh lebih penting daripada mencintai orang lain.

Apabila kita sudah mencintai diri sendiri, maka kita akan siap mencintai orang lain. Namun, apabila kita mencintai orang lain tetapi tidak bisa mencintai diri sendiri, besar kemungkinan kita akan mengalami berbagai kerugian.

Kerugian yang bisa kita alami apabila tidak mencintai diri sendiri mulai dari kebutuhan yang tidak terpenuhi hingga kesehatan mental yang terganggu, serta masih banyak kerugian lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai kita lupa untuk mencintai diri kita sendiri.

Berikut ini adalah 6 contoh tindakan tidak mencintai diri sendiri.

1. Mementingkan Orang Lain

Sebagai makhluk sosial yang hidup bersama, kita memang harus selalu bersikap baik pada orang lain. Misalnya dengan berbuat baik seperti memberi bantuan dan lain sebagainya. Namun, kita juga harus memperhatikan diri kita sendiri. 

Jangan sampai kita terlalu mementingkan orang lain sampai melupakan diri sendiri. Misalnya dengan memberi banyak pada orang lain sampai kita tidak bisa memenuhi kebutuhan pribadi. Tindakan seperti ini akan menyusahkan diri kita sendiri.

2. Bekerja Terlalu Keras

Dalam hidup ini kita memang harus berjuang, entah itu belajar maupun bekerja. Namun, kita juga harus memikirkan diri kita. Janganlah kita bekerja terlalu keras. Bekerja terlalu keras bisa membuat kesehatan fisik maupun mental kita terganggu. Jika sudah demikian, maka kita sendiri yang akan mengalami kesusahan.

3. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, kita tidak boleh membandingkan diri kita dengan orang lain. Hal tersebut hanya akan membuat kita menjadi sulit bersyukur karena merasa iri dengan kelebihan yang dimiliki oleh orang lain.

4. Tidak Menjaga Kesehatan

Tubuh dan mental kita memiliki batasan yang harus kita jaga supaya tetap sehat dan prima. Tidak menjaga kesehatan sama dengan tidak mencintai diri sendiri. Karena dengan tidak menjaga kesehatan artinya kita membiarkan diri kita menjadi sakit.

5. Dekat dengan Orang Toxic

Dalam hidup ini, tidak semua orang memiliki sifat baik. Banyak juga orang toxic yang akan merugikan orang-orang di sekitarnya. Orang-orang seperti itu harus kita jauhi agar kita tidak mendapat kerugian. Apabila kita dekat dengan orang toxic, maka hidup kita akan menjadi tidak tenang dan banyak dirundung masalah.

6. Tidak Bersyukur

Kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. Apabila kita tidak bersyukur maka kita akan selalu merasa kekurangan. Dengan begitu hidup kita akan sulit untuk merasakan kebahagiaan. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada diri kita sendiri.

Demikian 6 contoh tindakan tidak mencintai diri sendiri. Jangan pernah lakukan kalau kita ingin bahagia, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak