facebook

5 Kekuatan yang Bisa Didapat dengan Bersyukur, Berani Menghadapi Tantangan

Andini Mayangpuri
5 Kekuatan yang Bisa Didapat dengan Bersyukur, Berani Menghadapi Tantangan
Ilustrasi bersyukur (Pexels/Oleksandr Pidvalnyi)

Ucapan terima kasih sudah menjadi bagian dari etika sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat. Namun, terdapat perbedaan antara mengucapkan terima kasih dan berterima kasih. Yang pertama merupakan bagian dari tata krama, sedangkan yang kedua merupakan ungkapan rasa syukur

Makna syukur sangat luas. Tidak hanya terbatas pada hubungan kita antar sesama manusia, tetapi juga hubungan antara kita dengan Tuhan, lingkungan sekitar, bahkan dengan diri sendiri. Sayangnya, kebanyakan dari kita bisa jadi sering lupa untuk bersyukur. Padahal, rasa syukur dapat memberikan banyak kekuatan. 

Apa saja kekuatan bersyukur? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Merasa Bahagia

Menyadur dari Manhattan Mental Health Counseling, berdasarkan penelitian, orang-orang yang bersyukur menunjukkan tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan psikologis yang lebih tinggi. Mereka juga memiliki tingkat stress dan kecemasan yang rendah. Hal tersebut menunjukkan bahwa rasa syukur dapat memberikan kekuatan psikologis yang sangat besar. 

2. Optimisme Tinggi

Rasa syukur dapat meningkatkan optimisme seseorang. Sebab, orang yang bersyukur selalu bisa melihat sisi positif dari berbagai hal yang terjadi. Sehingga ketika sedang dihadapkan pada sebuah permasalahan, ia merasa lebih optimis. Sikap optimisme ini menjadikan seseorang lebih cepat keluar dari suatu kesulitan dan tantangan yang sedang dihadapinya.  

3. Lebih Bijak

Orang yang bersyukur menghargai hal-hal kecil yang ada di sekitarnya. Seperti suara kicau burung di pagi hari, sinar matahari yang menghangatkan kulit, atau aroma masakan yang menggugah selera dari dapur. 

Ia juga dapat memetik hikmah dari kejadian-kejadian yang kerap kali dianggap sepele. Hal-hal seperti itulah yang menjadikan orang beryukur lebih bijak dalam menyikapi berbagai persoalan.

4. Berani Menghadapi Tantangan

Karena tidak mudah stres dan merasa cemas akan sesuatu, orang yang bersyukur lebih berani untuk menghadapi tantangan. Ia juga merasa yakin dengan kemampuan yang dimilikinya. Bukan berarti orang yang bersyukur tidak memiliki rasa takut. Akan tetapi, ia jadi mempunyai lebih banyak stok keberanian dalam dirinya.

5. Meningkatkan Pertahanan Diri

Memupuk rasa syukur membuat seseorang tangguh secara mental. Pada saat kesulitan, perasaaan syukur dapat memberi dorongan positif yang kuat. Sehingga, ketika ditimpa suatu permasalahan yang pelik sekalipun, ia tidak akan terpuruk terlalu dalam.

Itulah 5 di antara sekian banyak kekuatan rasa syukur. Menanamkan perasaan bersyukur memang tidak selalu mudah. Namun, tetap dapat diusahakan sampai akhirnya kita bisa menjadi orang yang lebih bersyukur dari sebelumnya. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak