facebook

5 Cara Menjaga Hubungan dengan Teman Baik, Hindari Jatuh Cinta!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menjaga Hubungan dengan Teman Baik, Hindari Jatuh Cinta!
Ilustrasi pertemanan (pexels.com/kampus production)

Di zaman seperti sekarang ini, sulit sekali untuk menemukan teman yang baik di dunia nyata. Namun demikian, teman yang baik tetap masih ada keberadaannya. Apakah kamu memiliki seorang teman yang baik?

Kalau kamu memiliki seorang teman baik, maka kamu harus menjaga pertemanan itu dengan baik, kamu juga harus menjadi teman yang baik untuknya. Lantas, bagaimana caranya? Berikut lima di antaranya.

1. Menjaga komunikasi 

Komunikasi yang terus dijaga akan membuat kamu dan teman tidak terputus secara hubungan. Bahkan kalau komunikasi dilakukan secara intens, kamu dan temanmu akan merasa lebih memahami satu sama lain. Hal itu akan membuat kamu bisa menjaga hubungan baik dengannya. 

2. Saling mendengarkan 

Kamu dan teman harus mau untuk saling mendengarkan. Jangan hanya mau untuk didengarkan. Bertukar pandangan, berdiskusi, dan saling mendengarkan pendapat satu sama lain akan membuat kamu dan teman bisa saling memperbaiki diri. Kamu akan beranjak menjadi orang yang lebih baik, pun juga dengan temanmu.

3. Saling membantu 

Untuk menjaga seorang teman baik, kamu dengannya harus menjadi tim untuk saling membantu satu sama lain. Jangan sampai ketika temanmu membutuhkan bantuan, kamu justru lepas tangan. 

Ulurkan tanganmu untuk memberinya bantuan semampu yang kamu bisa. Lakukan dengan tulus dan jangan mengharapkan apapun. Ketulusan itu akan membuat temanmu merasa bahwa kamu peduli kepadanya sehingga persahabatanmu akan terus terjalin dengan baik. 

4. Hindari berkompetisi 

Hindarilah untuk berkompetisi dengan teman baikmu. Kalau kamu bekerja sama untuk memperoleh sesuatu, boleh saja. Tapi kalau berkompetisi, apapun tujuannya, biasanya hanya akan membuat pecah persahabatan itu sendiri. 

5. Hindari jatuh cinta 

Banyak teman baik yang jatuh cinta, lalu harus mengakhiri persahabatannya ketika hubungan percintaan itu kandas di tengah jalan. Tidak hanya kehilangan seorang pacar, tapi juga seorang sahabat. Terlalu menyakitkan, bukan? 

Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu dan teman baikmu hanya sebatas teman. Kalau sampai kamu berharap pada hubungan yang lebih dari itu, maka kamu juga harus bersiap untuk kehilangan dirinya pun juga momen kebersamaanmu dengannya. 

Itu dia 5 cara menjaga teman baik. Pahami dari sekarang, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak