facebook

4 Kebiasaan yang Dapat Menghambat Cepat Kaya, Pernah Merasakannya?

Budi Prathama
4 Kebiasaan yang Dapat Menghambat Cepat Kaya, Pernah Merasakannya?
Ilustrasi kekayaan. (Pixabay.com)

Menjadi orang kaya tentu impian semua orang. Siapa sih yang tidak mau punya uang, dengan uang kita bisa melakukan banyak hal, dengan uang pula kita bisa membeli apa saja termasuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. 

Sayangnya untuk menjadi kaya tidak semudah membalikkan telapak tangan, tentu butuh perjuangan dan usaha yang bertubi-tubi. Di samping itu mesti juga diiringi dengan ikhtiar dan doa. Selain itu, ada juga hal-hal yang patut dihindari jika ingin menjadi orang kaya seperti dikutip dari akun Instagram @dompetdhuafaorg, yaitu: 

1. Boros, akhirnya lupa menabung

Setiap orang pasti semua berhak untuk menjadi kaya. Tetapi hal ini tergantung dari kita, bagaimana mengelola rezeki yang kita dapatkan dengan baik. Jangan biarkan pengeluaran lebih besar ketimbang pendapatan yang kita punya. Perlu diingat bahwa perlu ada usaha, sisihkan uang yang kita punya dengan menabung. 

Orang yang hidup boros tentu mereka akan kesulitan menjadi kaya, bukan berarti ketika menjadi kaya justru melalaikan untuk bersedekah. Semakin kita kaya maka harus pula sering bersedekah, patut diingat bahwa tidak ada orang yang ketika rajin bersedekah justru malah membuat miskin. 

2. Tidak bayar hutang

Hutang sebenarnya langkah terakhir yang kita ambil setelah segala upaya diikhtiarkan dan mendesak. Patut diingat bahwa jangan sampai karena memenuhi keinginan hidup justru membuat harus berhutang. Kalaupun kita sudah terlanjur berhutang sebisa mungkin kita segera dan berusaha membayarnya. Hutang ketika ditunda-tunda untuk tidak dibayar bisa jadi akan menumpuk dan bertambah banyak yang nantinya bisa menguras kekayaan kita. 

3. Mengikuti gaya hidup berlebihan

Pertemanan dan lingkungan sangat mempengaruhi gaya hidup seseorang. Untuk itu penting bagi kita memilih lingkungan yang dapat mendukung tujuan kita. Ketika kita tidak kuat memegang prinsip bisa saja kita akan terpengaruh oleh lingkungannya. Dengan begitu kita tidak boleh memaksakan diri untuk mengikuti gaya hidup seseorang karena itu tentu sangat menyiksa, dan yang jelas dapat menghambat kita bisa menjadi kaya. 

4. Pelit berbagai

Berbagai kepada orang yang membutuhkan lewat sedekah banyak sekali manfaatnya, salah satunya dapat memperlancar rezeki. Janganlah menahan rezeki yang kita punya karena itu sebenarnya hanyalah titipan, hak orang lain yang harus kita keluarkan. Jadi janganlah pernah takut untuk bersedekah, karena sedekah yang kita keluarkan justru akan diganti dengan yang lebih baik. 

Itulah 4 hal yang dapat membuat kita susah kaya, semoga dengan mengetahui kebiasaan tersebut kita bisa sadar untuk menghindarinya supaya kita semakin kaya dan lebih leluasa untuk berbagi. Karena tidak bagus juga kalau kita sudah kaya lantas membuat kita sombong dan melupakan orang-orang yang ada di sekeliling kita. Jelas itu logika yang salah. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak