facebook

5 Alasan Orang Sulit Berkembang, Kamu Termasuk?

Budi Prathama
5 Alasan Orang Sulit Berkembang, Kamu Termasuk?
Ilustrasi orang yang sulit berkembang. (Pixabay/Engin_Akyurt)

Kehidupan manusia sejatinya selalu mengarah pada proses pengembangan, bahkan mestinya selalu berupaya agar segala aktivitasnya dapat bernilai positif dan bernuansa produktif. Namun menjadi manusia yang produktif setiap hari bukanlah perkara mudah dan tentu butuh kesabaran dan perjuangan.

Dibalik keinginan menjadi produktif supaya bisa terus berkembang ada saja badai halilintar yang selalu menghadang. Kondisi tersebut jelas sangat mempengaruhi pada perkembangan hidup seseorang. Ujungnya bisa saja membuat malas dan hanya menjadi manusia biasa-biasa saja yang tak mampu memberikan nilai kebermanfaatan secara baik.

Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui penyebab orang sulit berkembang agar kita tidak terjebak di dalamnya, karena sangat merugilah kita kalau hanya menjadi manusia yang tidak bisa berkembang. Untuk itu berikut 5 alasan orang sulit berkembang, yaitu:

1. Tidak bisa keluar dari zona nyaman

Terjebak dan terlena dalam zona nyaman dapat menjadi penyakit dalam kehidupan manusia. Mengapa? Karena tentu hanya membuat orang tak bisa berkembang dan justru hanya membuang-buang waktu saja. Tidak ada orang sukses tanpa usaha dan kerja keras, jadi kalau hanya berada di zona nyaman jelas pintu kesuksesan pun makin jauh. Untuk itulah penting bagi kita untuk selalu berupaya agar bisa keluar dari zona nyaman karena jelas sangat menghambat proses pengembangan diri.

2. Selalu merasa tahu banyak hal

Sok tahu dan merasa tahu juga tidak bagus ditetapkan dalam hidup. Orang yang selalu merasa tahu justru hanya membuat instan dan tak ada keinginan untuk mencari tahu karena merasa sudah tahu semuanya. Tetapi sejatinya manusia terus belajar, mencari tahu apa yang belum diketahui, dan selalu bekerja keras untuk berbuat baik. Pekerjaan orang yang sok tahu bisa saja segala aktivitasnya tidak memberikan hasil maksimal karena dikerjakan atas dasar bukan pengetahuan seutuhnya, tetapi pengetahuan yang dikira-kira.

3. Berada pada lingkungan yang salah dan menjatuhkan

Kondisi lingkungan sangat mempengaruhi tingkah laku manusia dalam bertindak. Untuk itulah penting bagi kita selektif dalam memilih lingkungan, dan berupaya untuk menghindari lingkungan yang tidak bisa mendukung tujuan kita. Kalau kita terjebak dalam lingkungan yang salah jelas kita juga akan terpengaruh dengannya dan tentu membuat kita tidak bisa berkembang. Kalaupun sekarang kita sedang berada dalam lingkungan yang salah, mulailah sekarang secara perlahan untuk menjauh darinya dan mencari lingkungan baru yang memang bisa saling mendukung untuk proses pengembangan diri kita.

4. Takut mengambil keputusan

Orang yang takut mengambil keputusan juga dapat membuat tidak bisa berkembang. Hidup akan dipenuhi kebimbangan dan tak bisa berbuat apa. Berani mengambil keputusan jelas juga telah berani menanggung resiko yang akan terjadi, untuk itu penting untuk memperhatikan semua dan mempunyai prinsip yang kuat. Keputusan yang kita ambil hari ini jelas menentukan langkah dan arah kita ke depan.

5. Kurang percaya diri bahkan pesimis

Kurang percaya diri memang tak baik ditetapkan dalam kehidupan. Tidak percaya diri dan selalu merasa minder untuk melakukan sesuatu justru hanya membuat kita akan tertinggal dan tidak bisa menjadi manusia yang berkembang. Segala keputusan dan tindakan tidak akan bisa berjalan normal kalau dalam diri kita ada unsur tidak percaya diri atau pesimis. Seharusnya jiwa pesimis mesti dilawan dengan jiwa optimis dan selalu percaya diri, baik percaya pada kemampuan maupun pengetahuan kita.

Nah, itulah 5 alasan kenapa orang sulit berkembang yang membuat manusia tidak bisa menjadi produktif dalam segala aktivitasnya. Semoga dengan kita mengetahui alasan tersebut, kita segera sadar untuk menghindarinya dan selalu berupaya agar bisa menjadi manusia yang bisa terus berkembang dan mampu memberikan kebermanfaatan kepada banyak orang dalam segala aktivitas kita. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak