facebook

Jangan Terlewatkan Menjajal 5 Transportasi Publik Korea Selatan

Dini Hariyani
Jangan Terlewatkan Menjajal 5 Transportasi Publik Korea Selatan
Ilustrasi kapal feri.[Pexels/Hank]

Saat ini, Korea Selatan merupakan salah satu negara maju di dunia. Selain ekonomi mereka, Korea Selatan juga menunjukkan kemajuan dalam bidang transportasi dengan jaringan transportasinya yang sangat baik dan berteknologi maju. Hal ini tentunya penting untuk memfasilitasi mobilitas penduduknya. Menyadur dari laman 99dayskorean berikut ini alat transportasi negara Korea Selatan yang dapat dicoba.

1. Perjalanan Kereta

Melakukan perjalanan di Korea Selatan sangat mudah karena dapat dilakukan dengan satu dengan kereta api. Bagi pelancong yang memiliki dana cukup bisa mencoba KTX (Korea Train Express) sebagai cara tercepat dan ternyaman untuk bepergian.

Dengan KTX, pelancong tidak hanya dapat mencapai Busan dari Seoul dalam waktu kurang dari tiga jam, tetapi juga dapat menjangkau kota-kota lain di Korea Selatan dengan mudah. Selain itu ada kereta yang lebih murah seperti Saemaeul dan Mugunghwa. Mugunghwa sangat terjangkau dan akan berhenti di kota-kota kecil di sepanjang jalan, sangat cocok untuk pelancong.

2. Perjalanan Bus 

Selain kereta, alternatif lain yang dapat digunakan adalah bus. Terdapat empat terminal bus besar di Seoul yang akan membawa pelancong ke berbagai penjuru Korea. Dengan tarif yang terjangkau pelancong dapat melakukan perjalanan meskipun akan sedikit lebih lama daripada menggunakan kereta. Selain itu, jika perjalanan yang tempuh cukup jauh, pengemudi akan berhenti di rest area untuk membiarkan penumpang menggunakan toilet atau membeli makanan.

Kota Seoul sendiri memiliki jaringan bus yang luas, dengan warna bus tertentu sebagai petunjuk jenis rute yang mereka lewati. Misalnya, bus hijau hanya berjalan melalui rute yang lebih pendek antara beberapa lingkungan yang ditunjuk. Bus biru menempuh jarak yang lebih jauh, dari satu sisi Seoul ke sisi lainnya. Sementara bus merah adalah bus yang sedikit lebih mahal untuk mencapai wilayah metropolitan yang lebih besar seperti Bundang dan Yongin.

3. Perjalanan Udara 

Beberaoa tujuan di Korea tidak dapat dicapai dengan kereta api dan bus. Misalnya Pulau Jeju, sehingga alternatifnya adalah perjalanan udara. Untuk mengunjungi Pulau Jeju pelancong dapat terbang dari bandara Korea mana pun dan mencapainya dengan cepat.

4. Perjalanan Feri 

Selain alat transportasi di atas pelancong juga dapat mempertimbangkan perjalanan dengan naik feri. Feri menjadi pilihan dari Busan, Yeosu, Mokpo, dan beberapa kota lainnya. Selain itu feri juga dapat mencapai pulau-pulau kecil lainnya di Korea Selatan, yang biasanya mudah untuk dinaiki. Uniknya, penumpang dapat mencapai Jepang dengan feri dari Korea! 

5. Taksi

Taksi bisa menjadi pilihan bagi pelancong yang ingin cepat mencapai tujuan saat ke Korea. Di Seoul misalnya, tarif taksi di kota ini relatif murah yang sudah terintegrasi dengan aplikasi seperti KakaoTaxi. Dengan adanya taxi tersebut akan membuat pelancong lebih aman bepergian di Seoul.

Itulah 5 pilihan transportasi publik yang dapat digunakan di Korea. Jadi, jenis pilihan transportasi apa yang akan kamu pilih untuk perjalanan di Korea?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak