facebook

4 Langkah Berlaku Adil pada Anak, Anti Pilih Kasih!

Riva Khodijah
4 Langkah Berlaku Adil pada Anak, Anti Pilih Kasih!
Ilustrasi keluarga (Freepik.com/senivpetro)

Ada banyak hal buruk yang bisa terjadi apabila orangtua berlaku tidak adil pada anak. Harus diakui, berlaku adil kepada semua anak terkadang sulit. Biasanya orangtua cenderung untuk lebih sayang pada anak yang paling bungsu karena paling muda, atau pada anak yang lebih patuh.

Sayangnya, sikap pilih kasih tadi bisa berimbas pada psikis anak. Misalnya, anak jadi tidak merasa dicintai atau merasa ada yang kurang dari dirinya. Selain itu, hubungan sesama saudara juga bisa renggang akibat sikap kompetitif dalam memperebutkan kasih sayang orangtuanya.

Tentu hal tersebut gak ingin sampai terjadi, bukan? Untuk itu, artikel kali ini akan membahas beberapa langkah berlaku adil pada anak yang bisa kamu terapkan. Apa saja itu? Mari simak ulasannya di bawah ini.

1. Berhenti membandingkan anak

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan agar bisa bersikap adil, yaitu berhenti membanding-bandingkan. Kalaupun maksudnya baik untuk memotivasi, sebaiknya jangan pakai cara ini karena hasilnya malah bisa jadi bumerang.

Anak yang sering dipuji bisa jadi tinggi hati dan tidak mau mengakui kekalahan. Sementara anak yang sering dibandingkan dan diremehkan bukannya terpacu malah jadi rendah diri karena sering direndahkan oleh orangtua sendiri.

2. Jadi pendengar yang baik bagi anak-anak

Terkadang ketika anak-anak sedang bertengkar, orangtua tanpa benar-benar tahu akar masalahnya sudah menghukum. Biasanya hukuman ini sangat bias pada penilaian sendiri mana anak yang paling mungkin untuk nakal. Padahal, nyatanya gak selalu seperti itu.

Agar kamu bisa adil menerapkan hukuman, jadilah pendengar yang baik bagi anak-anak. Biarkan masing-masing menjelaskan menurut versinya. Dari situ, kamu jadi bisa menilai siapa yang bersalah atau siapa yang layak mendapat hukuman lebih berat.

Hal ini gak hanya mencegah salah menghukum anak, tapi juga mengajarkan anak bagaimana mengatasi konflik yang benar.

3. Menerapkan peraturan yang sama untuk semua anak

Langkah selanjutnya agar anak merasa diperlakukan dengan adil oleh orangtuanya, adalah menerapkan peraturan yang sama untuk semua anak. Ketika ada yang melanggar, gak boleh ada alasan untuk menghindari hukuman.

4. Berikan perhatian sesuai dengan karakter anak

Berlaku adil gak melulu disamaratakan. Menimbang karakter tiap anak bisa berbeda, justru kamu akan adil bila memberikan perhatian anak sesuai dengan karakternya. 

Itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar bisa bersikap adil pada anak. Jangan pilih kasih, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak