6 Tips Menjadi Tetap Positif di Masa-masa Sulit

Husein Fadhilah
6 Tips Menjadi Tetap Positif di Masa-masa Sulit
ilustrasi bermain musik. [Pexels.com/Pavel Danilyuk]

Jika kamu merasa sedih tentang sesuatu dan berurusan dengan kecemasan, depresi atau hanya merasa sedikit sedih, ingatkan dirimu bahwa kamu bukan satu-satunya orang yang merasa seperti ini, dan sayangnya, itu cukup umum.

Pertama, katakan pada diri sendiri tidak apa-apa untuk merasa sedih. Hal pertama yang harus dilakukan ketika kamu merasa sedih adalah mengakui bahwa tidak merasa baik-baik saja, pada kenyataannya adalah hal yang wajar. Semua perasaan kita adalah keadaan sementara yang tidak bisa disimpan selamanya. Kita tidak bisa bahagia setiap menit setiap hari dan itu berarti terkadang kita merasa tidak termotivasi atau sedih. 

Langkah pertama untuk tetap bersikap positif ketika segala sesuatunya terasa tidak benar adalah dengan mengakui bahwa merasa sedih sesekali adalah hal yang wajar. Hal ini adalah bagian normal dari spektrum emosional dan, pada kenyataannya, tidak sehat untuk mencoba merasa bahagia sepanjang waktu. Sangat wajar jika kamu tidak melihat orang yang kamu cintai untuk sementara waktu dan rutinitas serta sistem pendukung kamu yang biasa terganggu.

Kecerdasan emosional sering didefinisikan sebagai bereaksi dengan baik dan strategis terhadap pengalaman buruk dan situasi stres. Ketika hal-hal ini terjadi, seperti kematian anggota keluarga atau tidak mencapai impianmu, emosi kita mungkin akan hancur. Tapi itu tidak hanya ada untuk keadaan ekstrem ketahanan yang baik membantumu menghadapi tenggat waktu yang semakin dekat di tempat kerja dan hanya hari-hari di mana tampaknya tidak ada yang berjalan dengan baik. 

Jadi, pertanyaan yang jelas adalah bagaimana kamu bisa membangun ketahanan emosional? Berikut adalah beberapa jawaban untuk pertanyaan tersebut.

1. Berlatih mindfulness

Mindfulness adalah kata yang sering kita dengar akhir-akhir ini, tetapi banyak dari kita masih belum benar-benar tahu apa itu. Sayang sekali karena berguna untuk membantu kita mengembangkan pemikiran positif, dan itu terkait dengan ketahanan emosional.

Mindfulness adalah cara untuk menjadi lebih sadar akan diri sendiri dan lingkunganmu. Kamu dapat menganggapnya sebagai cara untuk menjernihkan gambaran hidup dan pengalaman sehari-harimu. Berbagai teknik untuk mencapai perhatian penuh sangat luas, mulai dari latihan pernapasan hingga yoga dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk membuatmu hadir pada saat itu, daripada mengkhawatirkan pekerjaan, uang, atau hal-hal lain yang dapat melemahkan kesenanganmu dan meningkatkan tingkat stresmu dari waktu ke waktu.

2. Berolahraga lebih banyak

Olahraga bukan hanya untuk menurunkan berat badan atau membangun kekuatan. Hal ini adalah cara untuk membuat kita merasa baik tentang diri kita sendiri dan itu dibuktikan oleh sains. Saat kita berlari, mendaki, atau ke gym untuk mengeluarkan keringat, serangkaian bahan kimia dilepaskan, termasuk endorfin dan dopamin.

Bahan kimia ini sangat kuat bagi tubuh karena membuat kita merasa bahagia, mengurangi tingkat stres kita dan mendapatkan ini. Beberapa bahan kimia yang dilepaskan bahkan dapat meningkatkan ambang rasa sakit fisik kita.

Kamu bahkan tidak perlu bekerja keras saat berolahraga. Hanya beberapa latihan sederhana yang membuatmu sedikit berhasil. Hal ini akan sempurna ketika kamu menghadapi masalah pribadi atau situasi stres di sekolah atau tempat kerja.

3. Jelajahi alam

Badan amal kesehatan mental, Mind, menyatakan bahwa menghabiskan waktu di alam telah dibuktikan oleh para peneliti untuk membantu mengatasi kecemasan dan depresi. Cara khusus untuk membuat kita merasa lebih positif ini bahkan memiliki nama. Hal ini disebut ekoterapi dan melibatkan menjelajah ke alam jauh dari asap besar dan sering menggabungkan liburan dengan beberapa latihan.

Jika kamu ingin mencoba ekoterapi, kamu dapat:

  • Pergi hiking di taman nasional.
  • Pergi berkemah bersama teman atau keluarga.
  • Berjalan-jalan di taman kota setempat.
  • Kunjungi beberapa desa terdekat yang jauh dari keramaian.
  • Kunjungi tepi laut, kunjungi kebun binatang, atau pergi mengamati burung.

4. Tingkatkan nutrisimu

Beberapa aktivitas dan latihan yang akan membantumu tetap positif mengharuskanmu untuk lebih aktif. Dan dengan itu muncul kebutuhan untuk mengisi tubuhmu dengan energi yang cukup untuk pergi mendaki gunung atau jogging dengan teman-teman. Memiliki nutrisi yang lebih baik akan membantumu mencapai hal-hal ini dan merasa baik. Tapi itu bukan satu-satunya alasan untuk makan buah dan sayuranmu dan menyiapkan sepiring penuh makanan berwarna-warni.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa makanan bergizi mengubah cara kita berpikir dan suasana hati kita secara keseluruhan. Dengan makan dengan baik, kita kurang rentan terhadap perubahan suasana hati dan ketidakseimbangan perilaku. Hubungan antara makanan dan kesehatan mental mulai menjadi topik hangat.

5. Mendengarkan musik

Musik telah menjadi bagian yang selalu ada dalam pengalaman manusia sejak nenek moyang kita berjalan di planet ini. Jadi, tidak mengherankan jika musik mengubah perasaan kita. Faktanya, beberapa penelitian telah mengidentifikasi hubungan yang signifikan antara mendengarkan musik dengan peningkatan suasana hati dan kesehatan mental yang lebih baik.

Tapi apakah hal itu berarti mendengarkan musik yang bahagia dan gembira saja? Tidak tentu. Meskipun ada banyak bukti yang menunjukkan hubungan antara musik upbeat dan energi positif baru, bahkan ada bukti yang menunjukkan bahwa lagu sedih juga bisa membuat kita lebih bahagia.

Sebuah studi oleh University of Durham menemukan bahwa musik yang dianggap downbeat atau sedih justru membuat sebagian orang merasa lebih baik. 

6. Terima dan minta bantuan

Beberapa orang menghindari meminta bantuan, apakah itu teman untuk curhat atau bantuan profesional, hanya karena mereka pikir itu membuat mereka terlihat lemah. Dengan kesadaran kesehatan mental yang tumbuh secara eksponensial dan masyarakat umum lebih bersimpati pada kesehatan mental, tidak ada waktu yang lebih baik untuk mencari bantuan dari orang lain.

Tidak ada yang lemah tentang meminta seseorang untuk nasihat atau dukungan, justru sebaliknya. Hal ini menunjukkan kekuatan bahwa kamu memegang hidupmu dan mencoba untuk memindahkannya ke arah yang benar.

Nah, itulah keenam tips untuk menjadi lebih positif di masa-masa sulit. Apakah kamu sudah mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak