4 Cara Sederhana Menjadi Teman yang Baik, Kuatkan Terus Silaturahmi!

Anang wan
4 Cara Sederhana Menjadi Teman yang Baik, Kuatkan Terus Silaturahmi!
ilustrasi teman yang suportif (Pexels/Diva Plavalaguna)

Menjadi seorang teman yang baik pasti asyik dan menyenangkan, karena akan memupuk pertemanan dan terus menjalin silaturahmi. Mungkin sekarang kamu punya teman, tapi kamu belum bisa menjadi teman yang baik.

Tapi tenang, kali ini penulis ingin memberikan beberapa tips sederhana untuk bisa menjadi teman yang baik. Agar apa? agar pertemanan awet dan silaturahmi terus terjalin.

Ya, kita juga tahu kan! Kalau memutus silaturahmi itu hal yang sangat dilarang. Oleh sebab itu, jika memiliki teman seharusnya kita bisa menjadi teman yang saling membantu dan melengkapi.

Berikut ini adalah 4 tips sederhana untuk menjadi teman yang baik.

1. Saling tolong menolong

Ya, tolong menolong merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pertemanan. Jangankan pertemanan, dalam kehidupan sosial saja kita juga harus saling tolong menolong dengan sesama.

Jika temanmu sedang mengalami kesusahan atau kesulitan, cobalah untuk membantunya, meski kamu tidak bisa membantu secara materi membantu dengan cara lain juga bisa, seperti tenaga maupun pikiran.

2. Jadilah pendengar yang baik

Di saat temanmu mengalami sebuah masalah, pasti dia akan curhat entah itu kepada keluarganya ataupun teman baiknya. Di saat dia mengalami masalah, ia membutuhkan pendengar yang baik. Cukuplah dengan mendengarkan curhatan teman, beri ia motivasi dan berilah saran dengan bijak.

3. Saling menepati janji

Ya, janji itu memang harus ditepati. Jika seseorang terus saja berjanji tapi tidak pernah ditepati. Pasti banyak orang yang tidak percaya lagi dengannya. Oleh sebab itu, jika memiliki janji dengan teman, tepatilah. Karena, mengingkari janji bisa berdampak pada pertemananmu. Namun, jika kamu punya alasan untuk membatalkan janji, kamu bisa berbicara terlebih dahulu dengan temanmu.

4. Jangan pamrih

Ya, hampir sama dengan point yang pertama. Kamu juga harus jangan pamrih dengan temanmu. Misalkan di saat teman tidak memiliki uang saku untuk jajan, kamu bisa mentraktirnya. Nah, selain mendapat pahala kamu juga akan membuat pertemanan menjadi lebih harmonis.

Nah, gimana nih? Sudah bisa kan untuk menjadi teman yang baik. Intinya, dalam sebuah pertemanan itu harus saling melengkapi, tolong menolong, dan jangan sampai terputus silaturahmi.

Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak