Simak 5 Tips Jitu untuk Menguasai Sebuah Bidang Ilmu, Pernah Mencobanya?

thiara chairun nisa
Simak 5 Tips Jitu untuk Menguasai Sebuah Bidang Ilmu, Pernah Mencobanya?
Ilustrasi pelajar (Unsplash/ThisisEngineering RAEng)

Sebagian besar orang pasti memiliki satu pelajaran yang dianggap sangat sulit dipelajari, seperti Matematika, Sains, ilmu Sosial, atau mungkin Kesenian. Namun, ini bukan berarti seseorang enggan belajar dan menjadi cerdas di bidang tersebut. Mungkinkah kamu salah satunya?

Kamu mungkin ingin bisa mendalami sebuah mata pelajaran tetapi bingung harus memulai dari mana. Berikut ini ada tips yang bisa kamu lakukan untuk menjadi cerdas dalam suatu bidang ilmu.

1. Mulai dari hal dasar

Sebelum belajar lebih jauh, maka setidaknya kamu harus mengetahui hal-hal dasar dalam suatu bidang. Contoh, untuk mempelajari Matematika maka setidaknya kamu harus paham cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, hingga pembagian.

Sama halnya dengan Biologi, untuk mengerti cara kerja setiap organ maka setidaknya kamu harus lebih dulu tau bagian-bagian tubuh. Ini berlaku di semua bidang termasuk Jurnalistik, ilmu kepenulisan, atau mendesain.

2. Aktif bertanya

Jangan pernah lelah dan malu untuk bertanya! Tidak paham itu sesuatu yang wajar dan pasti dialami semua orang termasuk siswa terpintar sekalipun. Jadi, untuk langkah awal yang harus kamu lakukan adalah banyak bertanya ketika tidak memahami sesuatu.

Guru akan merasa senang ketika ada siswa yang memiliki rasa ingin tau yang besar. Jangan ragu dan abaikan perkataan teman-teman yang tidak suka melihat keaktifan kamu di kelas. Jika masih malu bertanya pada guru, maka jangan gengsi bertanya pada teman sebaya atau senior yang pintar dan lebih paham bidang tersebut.

3. Perbanyak berlatih

Ini bagian terpenting, lho! Berlatih membuat kamu semakin akrab dengan hal yang sedang kamu pelajari. Cara jitu ini membuat kamu terbiasa dan membuat alam bawah sadar semakin mengingat setiap hal yang kamu pelajari.

Sesekali kamu bisa sambil menyetel musik atau mengemil sesuatu asalkan ini tidak mendistraksi proses latihan agar tidak bosan.

4. Pajang materi di seluruh tempat

Jika kamu mempelajari bidang yang memerlukan ingatan kuat, maka akan lebih baik kalo kamu sering melihatnya. Usahakan pajang materi penting di semua tempat yang sering kamu lihat, seperti wallpaper hp, catatan di layar desktop, di kamar tidur, meja makan, bahkan kamar mandi.

5. Pelajari konsepnya

Setiap pengetahuan memiliki konsep dan cara kerjanya sendiri. Jika kamu ingin mendalami Matematika, maka kamu harus mempelajari konsep rumus dan sebabnya. Hal ini berguna jika suatu hari kamu dihadapkan dengan soal yang asing, kamu bisa menciptakan rumus sendiri karena sudah memahami konsepnya.

Inipun berlaku pada pengetahuan lain, seperti mempelajari konsep sains biologi, fisika, hukum, hingga mendesain. Semakin kamu memahami konsepnya, maka akan menjadi pertanda bahwa kamu kian berkembang.

Itu dia 5 cara jitu agar kamu cerdas dalam suatu bidang. Dari kelima cara di atas, mana yang pernah kamu coba? Atau kamu sudah melakukan semuanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak