4 Hal yang Bisa Ditingkatkan Melalui Karya Seni, Yuk Kenali!

Rizky Melinda Sari
4 Hal yang Bisa Ditingkatkan Melalui Karya Seni, Yuk Kenali!
Ilustrasi melukis (Pexels.com/Koh Sze Kiat)

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang senang melakukan kegiatan seni? Pernahkah kamu mendengar istilah terapi seni? Berdasarkan postingan dari Instagram @studiodjiwa, terapi seni merupakan terapi yang menggunakan teknis berbasis kreativitas, seperti melukis, menari, dan bermain peran, untuk mengatasi masalah kesehatan mental.

Seni juga dapat dijadikan sebagai preventif atau pencegahan sebelum terjadinya masalah kesehatan mental. Untuk menghasilkan karya seni yang bisa berdampak positif terhadap kesehatan mental, kamu bisa melakukannya dengan menghindari distraksi serta tidak takut untuk mengekspresikan apa yang ingin kamu sampaikan.

BACA JUGA: 5 Tipe Kepribadian yang Ideal untuk INFJ, Apakah Benar Cocok dengan INTP?

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat ditingkatkan melalui kegiatan seni bagi kesehatan mental seseorang.

1. Mindfulness

Hal pertama yang akan meningkat ketika kamu melakukan sebuah kegiatan seni adalah mindfulness atau kesadaran. Kamu akan menyadari pemikiranmu sendiri dan tidak akan menghakiminya begitu saja.

Seni juga dapat membantu seseorang untuk lebih menghargai serta terbuka atas berbagai hal yang ada di dunia ini. Kesadaran ini penting agar hidup manusia bisa saling menghargai dan tidak bergesekan.

2. Ekspresi diri

Seni juga dapat menjadi salah satu sarana yang tepat untuk mengekspresikan perasaan serta pemikiran yang kamu rasakan. Ada banyak sekali kegiatan yang termasuk ke dalam seni, seperti menggambar, melukis, bernyanyi, atau menari. Kamu bisa memilih satu kegiatan yang kamu sukai untuk dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri sendiri.

BACA DIRI: 3 Manfaat Melukis yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

3. Flow atau perasaan mengalir

Saat melakukan kegiatan seni, seseorang juga dapat merasakan flow atau perasaan mengalir. Perasaan ini akan membuat seseorang merasa bahagia saat mengerjakannya, tanpa paksaan atau tuntutan dari siapapun dan apa pun. Kondisi flow ini menunjukkan bahwa seseorang mampu bersatu dengan apa yang sedang ia kerjakan.

4. Rasa tenang

Ketika sudah berhasil mencapai tahap flow, seseorang akan bisa merasa tenang ketika melakukan sebuah kegiatan seni. Rasa tenang yang dirasakan dapat membuat kamu lebih menghargai waktu, menghargai diri sendiri, serta menghargai apa yang sedang kamu lakukan. Seni yang baik adalah seni yang mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia.

Itulah empat hal yang dapat ditingkatkan oleh seni. Kegiatan seni apa yang menjadi favoritmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak