5 Cara Menumbuhkan Sifat Penolong pada Anak, Mulai dari Diri Sendiri!

Rizka Utami Rahmi
5 Cara Menumbuhkan Sifat Penolong pada Anak, Mulai dari Diri Sendiri!
Ilustrasi tolong menolong (Freepik.com/freepik)

Tolong menolong dalam kehidupan sosial adalah suatu bentuk nilai kemanusiaan yang harus diajarkan pada anak sejak dini. Karena itu orang tua sepatutnya mengajarkan anaknya sifat mulia tersebut.

Orang tua sebagai role model bagi anaknya, tentu harus membiasakan anak untuk menolong sesama dengan mencontohkan hal yang sama ketika di rumah, sehingga anak menjadi terbiasa dan paham makna tolong menolong sesungguhnya.

Lalu bagaimana cara menumbuhkan sifat penolong pada anak agar ia semakin paham makna dari nilai kemanusiaan tersebut? Dilansir dari Baby Wise Mom berikut adalah rangkumannya.

1. Menjadi contoh

Seperti yang dibahas sebelumnya, orang tua adalah role model bagi anaknya tentu harus mencontohkan terlebih dahulu sifat penolong kepada anak.

Jika anak sedang merasa kusulitan atau membutuhkan bantuan, datang segera untuk membantu sambil katakan padanya untuk tidak melupakan kata "tolong" ketika meminta bantuan.

BACA JUGA: Suka Pamrih, Ini 4 Tanda Seseorang Tidak Tulus Menolong

2. Minta anak melakukan sesuatu

Menyapu rumah mungkin hal yang tidak terlalu sulit untuk dilakukan anak, Anda bisa meminta anak melakukan sesuatu seperti menyapu sambil mencontohkan dengan cara menyapu juga.

Dari membantu menyapu tersebut, anak Anda mulai mengerti makna saling tolong menolong.

3. Lakukan kegiatan secara bergantian

Agar anak merasa tidak sendiri dan merasa penasaran dengan pekerjaan yang Anda lakukan, cobalah bergantian dengan anak saat Anda menyiram tanaman misalnya, dengan begitu jika Anda melakukan pekerjaan lain, anak tidak ragu untuk melakukannya juga. Dari sinilah sifat penolong anak mulai timbul.

4. Jangan terlalu memaksa pekerjaan berat

Anak tetaplah manusia kecil yang belum sepenuhnya mengerti tentang apa yang dilakukannya, karena itu sesuaikanlah porsinya sesuai dengan umur anak Anda, yang terpenting ialah anak paham mengenai tolong menolong pada sesama.

BACA JUGA: 5 Etika Menolong Orang lain, Lakukanlah yang Terbaik!

5. Ucapkan terima kasih

Yang terpenting dari semua pembelajaran moral adalah jangan lupa ucapkan terima kasih walau pada anak sekalipun. Sehingga jika suatu saat ia ditolong seseorang, kata "terima kasih" akan selalu ia ingat.

Kebaikan yang ditanamkan sejak dini akan membuat anak terbiasa dan ingat hingga ia dewasa, jangan ragu untuk melibatkan aktivitas apapun dengan sang anak.

Namun tetaplah ingat agar memberikan sesuai porsinya, dengan begitu sifat penolong pada anak akan muncul secara perlahan dan pasti. Selamat mencoba ya parents!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak