6 Cara Mengatasi Sifat Pemalu, Kamu Harus Mencobanya

Budi Prathama
6 Cara Mengatasi Sifat Pemalu, Kamu Harus Mencobanya
Ilustrasi orang yang pemalu. (Pixabay/@Myriams-Fotos)

Mungkin gak asing kita temui orang-orang di sekitar kita terdapat orang pemalu. Pemalu merupakan sifat ketika kamu punya kecenderungan merasa gugup, khawatir, atau canggung di berbagai situasi tertentu.

Sifat pemalu ini bisa saja berefek buruk pada diri karena dapat menghambat suatu tujuan tercapai. Bukan itu saja, sifat pemalu juga dapat merusak kesehatan mental. Maka dari itu penting untuk bisa mengatasi rasa malu kalau efeknya hanya menghambat diri untuk berkembang. 

Terkait dengan itu, berikut setidaknya ada enam cara mengatasi sifat pemalu seperti disadur dari akun Instagram @mudahbergaul. 

1. Latih skill komunikasi

Komunikasi yang baik tentunya menjadi salah satu cara bisa mengatasi sifat pemalu.  Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melatih skill komunikasi. Misalnya bisa ngomong sendiri di depan cermin atau pas lagi mandi, pura-pura ngevlog, ajak ngobrol adik atau kakak, ikut seminar-seminar psikologi atau public speaking, dan ikut kelas online. 

BACA JUGA: 4 Tipe Orang Pemalu yang Paling Sering Ditemukan, Apa Saja?

2. Belajar ketemu orang 

Pelan-pelan belajar untuk ketemu dan berinteraksi sama orang lain secara nyata. Mulai dari yang simpel-simpel dulu. Misalnya basa-basi sama ibu warung, ibu kos, abang siomay, abang bakso, dan kepada siapapun orangnya bisa kamu latih untuk berkomunikasi. 

3. Eksplor kelebihan dan bakat kamu

Saya rasa bahwa setiap orang itu punya kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Hanya saja mungkin masih banyak orang yang gak sadar atas kelebihan yang ia punya. Yang penting bagi kamu untuk melakukan eksplor diri kamu sendiri guna bisa menemukan kelebihan yang kamu punya. 

4. Membiasakan

Umumnya orang merasa malu itu karena belum biasa sama hal yang mau dia lakukan. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mulai mencoba dan membiasakannya. Kalau gak dibiasakan, nanti malunya cenderung gak hilang-hilang. 

BACA JUGA: Sering Dianggap Buruk, Ini 5 Kelebihan Menjadi Orang Pemalu

5. Cari tahu sumber malu kamu 

Penting bagi kamu untuk cari tahu dulu kira-kira situasi apa saja nih yang biasanya bikin malu itu muncul? Misalnya kalau diliatin orang, kalau ketemu banyak orang, kalau presentasi, atau karena dulu pernah diketawain atau direndahkan. 

6. Minta ditemanin sama orang

Coba ajak teman atau pacar kamu untuk menemani kamu ketika melakukan sesuatu kalau misal kamu masih malu. Di awal gak apa-apa kok kalau masih ditemani dulu. Biar kamu gak merasa sendiri gitu. Namun perlahan juga harus belajar untuk bisa mandiri tanpa ditemani teman kamu itu. 

Nah, itulah enam cara mengatasi sifat pemalu. Orang yang memiliki sifat pemalu tentu akan susah berhubungan dengan orang lain, bahkan bisa menurunkan produktivitas. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak