7 Kerajaan Islam di Indonesia

Tri Apriyani
7 Kerajaan Islam di Indonesia
Masjid Agung Demak, akhir abad ke-19 (Tropenmuseum)

Kerajaan Islam sejak abad 13 Masehi telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Kerajaan Islam di Indonesia menjadi salah satu jejak sejarah masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia. Kerajaan Islam sejak abad 13 Masehi telah tersebar di beberapa daerah di Indonesia.
Untuk lebih dalam memahami kerajaan Islam di Indonesia, berikut adalah daftar kerajaan Islam di Indonesia:
Kerajaan Samudera Pasai
Kerajaan Samudera Pasai berdiri pada abad ke-13 Masehi, menjadikannya sebagai kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini terletak di Aceh Utara tepatnya di kabupaten Lhokseumawe. Raja pertama kerajaan Samudera Pasai bernama Malik Al-Saleh yang sekaligus pendiri kerajaan tersebut.
Kerajaan Demak
Kerajaan Demak ini menjadi kerajaan Islam pertama di pulau Jawa, tepatnya di Demak, Jawa Tengah. Didirikan oleh Raden Fatah pada tahun 1478 Masehi.
Kerajaan Aceh Darusaalam
Kerajaan Aceh Darusaalam beridiri pada tahun 1514 Masehi dengan dipimpin oleh Sultan Ibrahim. Wilayah kerajaan Aceh Darusaalam saat ini disebut dengan nama Aceh Besar. Kerajaan ini berjaya di bawah kepemimpinan Sultan Iskandar Muda tahun 1607-1636 Masehi.
Kerajaan Banten
Kerajaan ini didirikan oleh Hasanuddin pada tahun 1552 di Banten. Ia adalah putra Fatahillah, seorang panglima tentara Demak. Saat Kerajaan Demak masih berkuasa, daerah Banten merupakan bagian dari Kerajaan Demak. Namun setelah Kerajaan Demak mengalami kemunduran, Banten akhirnya melepaskan diri dan mendirikan kerajaan sendiri.
Kerajaan Mataram
Kerajaan Mataram berdiri ada tahun 1582 Masehi yang berpusat di kota Yogyakarta, tepatnya di Kotagede. Raja yang pernah memimpin Kerajaan Mataram yaitu Panembahan Senopati (1584-2601 M) dan Panembahan Seda Krapyak (1601-1677 M).
Kerajaan Islam Pajang
Kerajaan ini didirikan oleh Jaka Tingkir pada tahun 1568 di Kelurahan Pajang, Kota Surakarta. Kerajaan Islam Pajang merupakan kelanjutan dari Kerajaan Demak.
Kerajaan Islam Cirebon
Kerajaan ini dimulai oleh kepemimpinan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Didirkan pada tahun 1445 di Cirebon, Jawa Barat.
Kerajaan Islam Banjar
Kerajaan ini didirkan oleh Raden Samudra pada tahun 1520 Masehi. Kerajaan Islam Banjar terletak di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS