alexametrics

Seberapa Sering Kamu Harus Mencuci Masker Kain dan Bagaimana Caranya?

Tri Apriyani
Seberapa Sering Kamu Harus Mencuci Masker Kain dan Bagaimana Caranya?
Ilustrasi masker kain. [Shutterstock]
Menggunakan masker adalah kewajiban di tengah pandemi COVID-19 ini agar terhindar dari paparan virus Corona. Menjaga kebersihan juga salah satu hal penting untuk menjaga diri bahaya penyakit.

Penggunaan masker yang rutin mengharuskan Anda untuk tetap menjaga kebersihannya, apalagi masker akan selalu terpapar kuman. Masker jelas perlu dijaga kebersihannya, tetapi seberapa sering mereka perlu dicuci?

Menurut Dr. Shoshana Ungerleider, masker kain harus dicuci secara teratur setelah pemakaian. Mencuci masker kain juga tidak dengan tangan. "Ini idealnya harus dicuci dengan mesin cuci setelah setiap kali digunakan, jika memungkinkan," katanya kepada CBSN.

Masker wajah Anda berpotensi terkena COVID-19 setiap kali Anda meninggalkan rumah, jadi Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra saat melepas masker.

"Berhati-hatilah untuk tidak menyentuh mata Anda, atau hidung Anda, atau mulut Anda saat melepas masker Anda, dan tentu saja, cuci tangan Anda segera sesudahnya," kata Ungerleider.

Jika Anda memiliki masker wajah sekali pakai, Anda tidak harus membersihkan dan mendaur ulangnya, tetapi Anda tidak harus membuangnya setelah sekali pakai. 

Petugas Kesehatan Wilayah Ingham Michigan, Linda Vail, mengatakan kepada WLNS bahwa jika Anda tidak dapat membersihkan masker kain dengan mesin, Anda dapat mencucinya dengan air panas dan sabun, kemudian menggantungnya sampai kering. 

Apa pun yang Anda lakukan, jangan taruh masker wajah Anda dalam microwave, karena ini bisa membuat mereka terbakar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak