alexametrics

Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja, Satu-Satunya Gumuk Pasir di Asia Tenggara

rizca salsabila putri
Gumuk Pasir Parangkusumo Jogja, Satu-Satunya Gumuk Pasir di Asia Tenggara
Gumuk Pasir Yogyakarta (dok. istimewa)

Jogja memiliki banyak destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi wisatawan. Salah satu destinasi wisata di Jogja adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk Pasir Parangkusumo terletak di sebelah barat Pantai Parangkusumo, salah satu pantai di kawasan Pantai Parangtritis. Lokasi Gumuk Pasir tersebut berada di daerah Jl. Pantai Parangkusumo, Grogol 10, Pantai Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak untuk menuju Gumuk pasir Parangkusumo sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit dari pusat Kota Yogyakarta.

Fenomena gumuk pasir di dataran Indonesia ini tergolong unik karena terbentuk di kawasan yang memiliki curah hujan tinggi. Hal ini menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo satu-satunya gumuk pasir yang ditemukan di Asia Tenggara selain di kawasan gurun di Benua Afrika.

Gumuk Pasir merupakan bentukan alam berupa gundukan-gundukan pasir yang menyerupai bukit akibat pergerakan angin. Istilah ‘gumuk’ berasal dari bahasa jawa yang berarti gundukan atau sesuatu yang menyembul dari permukaan datar. 

Gumuk Pasir Parangkusumo yang dulunya hanya dipandang sebagai tumpukan atau gundukan pasir yang tidak berguna kini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja.

Di sini Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru, salah satunya yaitu sandboarding atau berseluncur dari sisi puncak gundukan pasir. Selain sandboarding, Anda juga bisa puas berfoto-foto di Gumuk Pasir Parangkusumo. Banyak spot foto yang instagramable.

Akses untuk menuju ke Gumuk Pasir Parangkusumo cukup mudah. Dari kota Yogyakarta kita bisa mengambil ke arah selatan atau arah pantai Parangtritis, kemudian setelah menemui gapura retribusi sebelum gapura tersebut belok kanan dan bisa mengikuti arah petunjuk jalan yang mengarah ke lokasi.

Untuk memasuki wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10.000. Bagi para pengunjung yang ingin mencoba berseluncur diatas pasir dapat menyewa papan sluncur beserta pengamannya dengan harga sebesar Rp70.000. Di sana juga terdapat warung yang bisa dikunjungi untuk sekedar beristirahat membeli makan ataupun minum.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak