alexametrics

Teknik Soft Selling ini Dijamin Eefektif untuk Penjualan Produkmu!

Diomira
Teknik Soft Selling ini Dijamin Eefektif untuk Penjualan Produkmu!
Ilustrasi penjualan (pixabay)

teknik soft selling lebih mengutamakan kemudahan promosi, istilah ini sendiri seringkali disebut dengan penjualan tidak langsung

Suara.com - Teknik promosi bisnis yang benar merupakan satu hal yang menunjang kelancaran penjualan. Masih banyak pelaku bisnis yang bingung menentukan teknik promosi paling cocok untuk memasarkan produk mereka. Ada 2 kategori untuk membedakan teknik promosi bisnis, yaitu hard selling dan soft selling. Pada teknik hard selling biasanya promotor akan menyebut brand atau nama produk dengan gamblang dan cenderung diulang-ulang.

Sementara itu teknik soft selling lebih mengutamakan kemudahan  promosi, istilah ini sendiri seringkali disebut dengan penjualan tidak langsung. Dengan kata lain, pemilik usaha atau promotor dapat membahas hal lain dulu sebelum akhirnya menjual produk secara halus. Teknik ini dipercaya lebih efektif karena masyarakat mulai bosan dengan teknik hard selling seperti pemberian diskon maupun pembelian gratis.

Berikut akan dibahas bagaimana caranya memasarkan produk dengan teknik soft selling.

Promosi Sesuai Segmentasi Pasar

Tahap awal menjalankan bisnis tentu perlu menentukan target pasar, kepada siapa produk Anda akan dijual; jenis kelamin, usia, hingga profesinya. Setelah itu Anda perlu menentukan segmentasi pasar, di mana produk akan Anda jual; bisakah produk tersebut dijual untuk orang-orang di daerah tertentu, seperti desa, kota, atau daerah yang sepi.

Penentuan target pasar yang baik akan membantu Anda menentukan teknik promosi soft selling yang tepat. Setelah menentukan target pasar, ide untuk promosi akan muncul seiring dengan segmentasi pasar yang sudah ditentukan.

Kalimat Simple dan Menarik

Gunakan kalimat yang sederhana untuk mempresentasikan produk Anda dalam teknik soft selling. Pilih kata yang akan membuat konsumen mengingat produk Anda. Dengan kata lain, gunakan ilustrasi yang menggambarkan produk Anda.

Edukasi Sebelum Promosi

Hindari penjualan produk secara masif dan mulailah untuk memberikan nilai produk. Hal ini yang menjadi alasan konsumen harus memberi produk yang Anda jual. Informasi mengenai value produk sangat penting dalam teknik soft selling, untuk meningkatkan pembelian dari konsumen.

Komentar