facebook

Mengenal Leak Bali, Makhluk Jelmaan Pencari Tumbal

sesil s
Mengenal Leak Bali, Makhluk Jelmaan Pencari Tumbal
Ilustrasi Leak Bali (dutchieontheroad.n)

Apakah kalian mengenal dengan sosok Leak? Ya Leak merupakan sosok yang menyeramkan yang sosoknya terkenal di Bali. 

Sosoknya mempunyai mata yang besar, bergigi taring dengan perawakan besar, berbulu, dengan lidah yang panjang. Sosok ini merupakan makhluk gaib yang sangat menyeramkan.

Di ceritakan jika Leak merupakan sosok makhluk jelmaan yang belajar ilmu hitam. Dia pun diharuskan untuk mencari tumbal. Leak biasanya mencari organ tubuh manusia untuk dijadikan sebuah ramuan. 

Sosok ini sangat dipercayai oleh masyarakat Bali. Selain itu Leak juga dikatakan sering mencari tumbal wanita yang sedang hamil. Hal ini dikarenakan Leak sangat menyukai darah bayi yang ada di dalam kandungan. Pada siang hari Leak akan berubah menjadi manusia pada umumnya, sementara ketika malam menjelang ia akan berubah menjadi sosok Leak dan memulai ritualnya.

Menurut kepercayaan masyarakat Bali, Leak Bali memiliki tiga legendaris. Di antaranya yaitu dua sosok perempuan dan satu sosok laki-laki. Leak dikatakan juga dapat merubah bentuknya menjadi kera, babi, atau makhluk lainnya.

Konon jika ada yang menusuk lehernya dari bawah ke arah kepala, lalu kepalanya terpisah dari tubuhnya untuk beberapa waktu, maka Leak di katakan akan mati.

Leak ini memiliki berbagai cerita versi dalam masyarakat Bali. Leak pun hingga kini menjadi tradisi budaya yang sangat di gemari di masyarakat Bali. Leak merupakan salah satu budaya Bali yang masih bertahan hingga kini.

Terlepas antara benar atau tidaknya cerita ini semuanya kembali kepada anda. Keanekaragam budaya di Indonesia memang patut dilestarikan agar tidak hilang di telan oleh perkembangan zaman.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak