facebook

6 Isian Seserahan Wajib, Calon Manten, Wajib Catat!

Munirah
6 Isian Seserahan Wajib, Calon Manten, Wajib Catat!
Ilustrasi seserahan pernikahan (Tiktok/@w4hyu777)

Singkatnya, isian seserahan adalah pemberian dari calon pengantin pria kepada calon pengantin wanita yang berisi segala kebutuhan si wanita dari ujung rambut hingga ujung kaki untuk digunakan sehari-hari.

Sebagai tanda bahwa segala kebutuhan si wanitanya kelak akan di penuhi oleh calon pengantin laki-lakinya. Dan sebagai tanda kesiapan si laki-laki untuk memenuhi kebutuhan calon mempelai wanitanya itu.

Namun, pada dasarnya ada isi seserahan yang “wajib” ada dalam hantaran pernikahan.

Nah, kali ini penulis akan mengulas 6 isian seserahan wajib yang harus dibawa saat acara lamaran atau pernikahanmu nanti. Yuk, disimak ya!

1.Perlengkapan ibadah

Ibadah adalah tiang bagi setiap agama. Maka rumah tangga pun bertiangkan agama itu sendiri. Jadi sudah pasti isian wajib seserahan yang pertama adalah perlengkapan ibadah.

Biasanya berisi mukena, sajadah, Al Quran, kitab suci, tasbih atau rosario, dan sebagainya. Tergantung agama yang dianut calon mempelai wanita ya.

2.Pakaian dalam

Pakaian dalam sebagai isi seserahan melambangkan keintiman dalam rumah tangga para calon pengantin. Biasanya calon pengantin laki-laki akan menyerahkan pembelian isian pakaian dalam, kepada calon pengantin wanitanya. 

Untuk isian sendiri biasanya ada celana dalam, bra, lingerie, dan juga baju tidur. Untuk jumlahnya sesuai kebutuhan calon pengantin wanita.

3.Perlengkapan mandi

Isian kotak seserahan selanjutnya adalah peralatan mandi. Biasanya, isian dari alat mandi disesuaikan dengan yang biasa digunakan calon pengantin wanitanya sehari-hari. Mulai dari sampo, sabun mandi, lulur, kondisioner, puff, handuk dan lain-lain.

4.Peralatan rias

Namanya juga perempuan. Pasti make-up menjadi barang wajib yang melambangkan jati dirinya masing-masing. Untuk isian ini biasanya juga calon pengantin pria akan menyerahkan segalanya kepada perempuannya.Karena perempuannya yang hafal jenis make-up apa saja yang digunakan.

5.Perlengkapan pesta

Lanjut ke perlengkapan pesta. Apa saja sih, yang menjadi isian wajib untuk kategori ini? Biasanya perlengkapan pesta bagi para perempuan adalah tas pesta,sepatu pesta, baju pesta,kain batik dan masih banyak pilihan lain sesuai adat dan kepribadian si perempuan. Tidak ada keharusan merk atau pun jenis. Semua disesuaikan pribadi si perempuan dan kemampuan si laki-laki.

6. Perhiasan

Nah , terakhir biasanya untuk melengkapi isian seserahan diatas, para calon pengantin juga menggunakan perhiasan sebagai seserahan. Namun sekali lagi, untuk yang nomor 6 ini sifatnya tidak dipaksakan. Tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Baik untuk jumlah, maupun jenis perhiasannya.

Itu dia 6 isian yang umumnya selalu dan sudah dikatakan wajib ada dalam rangkaian isian seserahan pernikahan. Namun kembali lagi, agar niat pernikahan tetap murni atas dasar ibadah dan kasih sayang kedua calon pengantin, sebaiknya jangan memberatkan salah satu pihak demi isian seserahan. Pada dasarnya materi bukanlah penentu keberhasilan pernikahanmu kelak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak