alexametrics

6 Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan

Munirah
6 Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan Menjadi Nama Jalan
Pahlawan nasional RA Kartini. [pertanian.go.id]

Bukan hanya di Indonesia saja. Nama para pahlawan Indonesia bahkan bisa ditemui di Belanda, lho!

Suara.com - Hampir di setiap kota besar yang ada di Indonesia pasti memiliki beberapa jalan yang nama jalannya diambil dari nama-nama para pahlawan. Tentu saja sebagai salah satu penghormatan dan rasa terimakasih tak terhingga atas pengabdian dan pengorbanan tak terbalas yang dipersembahkan para pahlawan dengan ketulusan dan cinta luar biasa untuk  Indonesia.

Pastinya kamu sudah akrab dengan nama-nama jalan yang akan penulis bahas kali ini. Berikut 6 nama jalan yang ada di beberapa kota besar negara Indonesia. Yuk, kita lihat bersama ada jalan apa saja!

1. Jalan Jenderal Ahmad Yani

Salah satu tokoh pahlawan revolusi ini merupakan Komandan TNI AD yang berhasil merebut kembali kota Padang dan Bukittinggi pada 1958. Jalan Jenderal Ahmad Yani bisa kamu temui di kota-kota besar seperti Banjarmasin, Banyuwangi, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, Bandung dan Manado.

2. Jalan Jenderal Gatot Subroto

Tokoh perjuangan militer Indonesia ini adalah salah satu pahlawan yang turut berperan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di Jakarta, nama jalan ini lebih akrab dikenal dengan sebutan 'Gatsu'. Selain di Jakarta, kamu juga akan menemui jalan dengan nama ini di kota Bandung, Pekanbaru, Makassar, dan Malang.

3. Jalan Jenderal Sudirman

Jalan Jenderal Sudirman adalah jalan yang mengambil namanya dari nama pahlawan Indonesia yang merupakan Panglima besar TNI yang pertama. Ada lima kota yang memiliki jalan dengan nama Panglima pertama TNI ini yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, dan Surabaya.

4. Jalan Imam Bonjol

Kali ini yang dijadikan nama jalan untuk kota-kota besar di Indonesia adalah nama Pahlawan Tuanku Imam Bonjol. Beliau adalah pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat, yang terkenal di perang Padri tahun 1803-1838. Jalan Imam Bonjol terdapat di Jakarta, Pdang, Medan, Semarang, Denpasar, dan Solo

5. Jalan Pangeran Diponegoro

Pahlawan ini dikenal dalam Perang Diponegoro tahun 1825 yang dipimpinnya. Tentunya, kamu juga bisa menemukan jalan ini di Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, Aceh Blitar dan Lampung. Apa kamu sudah pernah menemukan jalan ini selain di Jakarta?

6. Jalan R.A Kartini

Pada masa penjajahan, kaum wanita sangat sulit mendapatkan hak untuk menuntut ilmu, tentu saja mayoritas dari mereka akan tenggelam di dalam pekatnya kebodohan. Selain nama para pahlawan pria yang nama-namanya dijadikan nama jalan untuk kota-kota besar Indonesia, nama R.A Kartini juga bisa kamu temukan sebagai nama jalan, lho.

Kamu bahkan bisa mendapati jalan dengan nama Ibu Kartini ini di Belanda. Tentunya di Indonesia juga bisa ditemui di kota Jakarta, Cirebon, Depok, Bandung, Lampung dan Surabaya.

Itulah keenam nama jalan yang namanya diambil dari nama para pahlawan Indonesia. Apakah kamu cukup sering melewati salah satunya?