alexametrics

Takut Tokek? Ini 7 Mitos Tokek yang Masih Banyak Dipercaya

Munirah
Takut Tokek? Ini 7 Mitos Tokek yang Masih Banyak Dipercaya
Ilustrasi tokek (Unsplash/Lisa Sirager)

Apa kamu tahu binatang tokek? Atau bahkan kamu pernah melihat langsung bentuknya?

Ya! tokek adalah cecak berukuran raksasa dan mengeluarkan bunyi yang nyaring. Ukurannya sendiri bisa mencapai lebih dari 50cm. Umumnya, tokek merupakan binatang yang aktif di malam hari. Inilah mengapa kita sering mendengar suaranya dari senja sampai tengah malam.

Nah, sebagian orang percaya bahwa binatang tokek berhubungan erat dengan hal-hal mistis.

Berikut 5 mitos yang dipercaya tentang tokek:

1.Sebagai tanda adanya makhluk halus

Mitosnya, kalau kamu mendengar suara tokek di malam hari, segeralah membaca Ayat Kursi. Apabila suaranya terdengar dekat, tandanya makhluk halus berada lumayan jauh. Namun, jika suara tokeknya menjauh, itu tandanya hantu ada didekatmu!

hii, apa kamu percaya mitos ini?

2.Pembawa keberuntungan

Karena termasuk golongan hewan langka, ada anggapan yang percaya bahwa memiliki atau kedatangan tokek merupakan suatu keberuntungan. Katanya, semakin besar suara tokeknya, maka semakin besar rejeki pemiliknya di masa depan.

Waduh, nggak sinkron sama mitos pertama ya!

3.Tokek, keturunan naga

Nah, ini unik nih. Ada mitos dari masyarakat Tionghoa yang mengatakan bahwa tokek ini keturunan naga,lho. Bagi mereka,naga merupakan simbol keberuntungan, kemakmuran, kesehatan, dan kekayaan di sana. Mitos ini juga yang mengawali rumor bahwa tokek hewan pembawa keberuntungan.

Hmm, kamu percaya?

4.Gigitan tokek tidak pernah lepas

Kamu harus tahu, mitosnya sekali tokek menggigit, ia tidak akan melepaskan gigitannya sampai ada petir menyambar,lho! Tapi mitos ini belum terbukti sih. Hanya saja lumayan tertanam di benak masyarakat yang percaya dan paling menghindari gigitan tokek. Setelah lepas pun, bekas gigitannya akan membengkak dan terasa gatal.

5.Tokek besar merupakan peliharaan dukun

Terakhir, mitos bahwa tokek ukuran besar ini adalah peliharaan dukun atau orang sakti. Jadi sebagian masyarakat percaya mitos kalau kamu bertemu tokek dengan panjang lebih dari 15 cm, tandanya tokek itu adalah peliharaan orang sakti. Tokek itu tidak sendiri. Tapi, ia sedang ditemani oleh makhluk halus dan ia sedang berkeliaran atas perintah majikannya.

Nah, kalau kamu? Percaya mitos ini atau justru akan menangkap tokek lalu menjualnya? Katanya juga, tokek termasuk hewan yang mahal,lho.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak