facebook

Masih Populer! 5 Mitos Jadul, yang Masih Banyak Dipercaya

Munirah
Masih Populer! 5 Mitos Jadul, yang Masih Banyak Dipercaya

Pernah nggak jempol kakimu diinjak temanmu, saat ia tahu kalau kamu sedang datang bulan. Alasannya "supaya cepet ketularan, aku belum haid juga nih". Padahal kalau dipikir, kan nggak ada hubungannya.

Mitos memang secara logika terdengar tidak masuk akal. Tapi ternyata masih banyak segelintir orang masih percaya mitos-mitos yang diwariskan orangtua jaman dulu.

Nah, berikut penulis bagikan 5 mitos jadul yang turun menurun diwariskan orangtua, dan masih banyak yang percaya. Ini dia!

1.Bersiul malam hari

Mitos yang diturunkan orangtua masa kuno mengatakan kalau kamu bersiul malam hari, artinya kamu sedang memanggil makhluk halus. Jadi, kerap kamu yang percaya, akan langsung berhenti bersiul karena takut didatangi makhluk ghaib.

Padahal nyatanya, yang menjadi latar belakang mitos itu karena orang-orang pada masa itu tidur malam cukup awal disebabkan tidak ada kegiatan ataupun hiburan. Sehingga kalau ada yang bersiul di waktu itu, dianggap mengganggu.

2.Jangan foto bertiga

Nah, meski tidak berdasar, mitos yang satu ini masih banyak beredar di masyarakat. Mitosnya mengatakan bahwa jika kamu berfoto bertiga, yang ditengah tidak akan berumur panjang. Tentunya, kamu tidak dianjurkan mempercayai mitos ini ya. Karena akan menjurus ke musyrik, sebab perkara hidup dan mati hanya Tuhan yang maha mengetahui.

3.Dilarang potong kuku malam hari

Mitos mancanegara. Nggak cuma di Indonesia, di Jepang ternyata masih banyak yang percaya dengan mitos ini. Mitosnya mengatakan kalau kamu potong kuku malam hari, hal ini dikait-kaitkan dengan hal mistis menyelimuti kematian dan orang tua.

Padahal, alasan sebenarnya karena pada masa kuno, malam hari pencahayaan sangat minim. Tentu saja tidak disarankan memotong kuku malam hari karena gelap dan berisiko melukai jari.

4.Burung gagak di atas rumah

Malam hari plus suara burung gagak yang agak seram, memang mendukung mitos satu ini untuk dipercaya pada masanya. 

Namun sekarang  yang sudah modern sekalipun, masih banyak yang percaya, lho. Katanya, kalau ada burung gagak mengitari atas rumah, artinya akan ada salah satu penghuni rumah yang mengalami sakit, bahkan meninggal dunia.

5.Ayam berkokok sore atau malam hari

Mitos terakhir yang akan dibahas kali ini, kalau dibilang bohong, mungkin nggak juga ya. Penulis rasa masih cukup masuk akal. Pasalnya, mitos ini mengatakan kalau ayam berkokok di sore atau malam hari, akan ada yang pencurian atau kerampokan.

Mungkin maksudnya maling yang 'beraksi' di waktu sore atau malam hari itu membangunkan sang ayam, sehingga si ayam berkokok bukan pada waktunya. Menurutmu?

Itulah 5 mitos yang sudah jelas secara logika adalah bohong. Namun kenyataannya masih banyak yang percaya atau secara tidak sadar menuruti larangan-larangan yang dikatakan mitos tersebut.

Jangan-jangan kamu slah satunya? hehehe..

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak