alexametrics

Ini Rahasianya, 5 Tips Agar Usaha Kulinermu Laku

Xandra Junia In
Ini Rahasianya, 5 Tips Agar Usaha Kulinermu Laku
Ilustrasi Usaha Kuliner. (freepik)

Sebelum memulai usaha kuliner, kamu harus memperhatikan banyak hal agar daganganmu disukai konsumen.

Suara.com - Usaha di bidang kuliner disebut sebagai yang paling aman dan selalu dicari. Namun, pada kenyataannya, usaha ini memerlukan lebih banyak persiapan. Termasuk siap menerima risiko jika menunya tidak laku di pasaran.

Hal ini dikarenakan dagangan kuliner  tidak semuanya bisa dijual lagi keesokan harinya. Nah, berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu terapkan jika ingin bergelut dalam bidang ini.

1. Harga

Banyak dari konsumen yang akan bertanya soal harga terlebih dahulu. Jika kamu menaruh harga merakyat atau yang sesuai dengan pasaran di daerahmu, kemungkinan lakunya akan sangat pesat. Namun, sebelum itu kamu juga harus memperhitungkan laba yang akan didapat. Jangan sampai lakuk, tapi kamu justru nombok ya.

2. Rasa

Rasa adalah hal utama yang wajib kamu perhatikan saat akan membuka usaha kuliner. Jangan lupa juga melakukan percobaan kepada orang lain dan tanyakan pendapat mereka soal rasa dagangan tersebut.

Jadi, jangan hanya dicicipi oleh dirimu sendiri lalu langsung menjualnya, ya. Kamu butuh banyak lidah untuk mengetahui cocok tidaknya rasa yang akan kamu jual tersebut.

3. Promosi

Kamu tidak disarankan untuk pasif jika ingin usahamu laku. Cobalah meminta bantuan kepada orang-orang terdekat atau akun besar untuk mempromosikan produkmu di media sosial.

Tarik perhatian target dengan memberi potongan harga sekian persen atau bonus satu porsi, dan lain-lain. Cara ini terbukti ampuh karena konsumen memang senang dimanjakan oleh rasa, harga dan promo agar setia dengan produk daganganmu.

4. Lokasi

Sebelum membuka usaha, kamu perlu riset terlebih dahulu apakah tempatnya strategis atau tidak. Lokasi terbaik adalah yang dekat dengan perkantoran, kampus, rumah warga, pinggir jalan raya, dan sekolah.

Perhatikan juga jalan yang akan ditempuh oleh para konsumen. Masukkan usahamu pada Google Maps. Apabila terlalu sulit dijangkau, kemungkinan besar dari mereka akan enggan mendatangi apalagi menjadi langganan usahamu.

5. Unik

Jika kamu tertarik dengan kuliner yang sudah banyak dijual, tidak masalah. Tidak ada larangan dan tetap bisa bersaing jika milikmu tersebut memiliki keunikan. Cobalah berinovasi dengan menambahkan sesuatu atau rasa yang berbeda.

Jangan lupa kamu juga harus mempertimbangkan apakah rasanya akan cocok di lidah konsumen atau tidak dengan melakukan tes rasa. Kemasan dan suasana tempat juga perlu kamu perhatikan agar calon konsumen merasa tertarik.

Nah, itu 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai usaha di bidang kuliner agar selalu laku. Semoga poin-poin di atas dapat membantumu, ya!